Page 181 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 181
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
keberhasilan orang tua dan guru, dalam memberikan
bantuan, tindakan dan intervensi pada pertumbuhan
anak dan perkembangan anak sebagaimana yang kita
inginkan. Hasil penelitian yang terakhir, terungkap fakta
yang mengatakan, bahwa begitu dominannya pengaruh
Emotional Intelligence (EI) terhadap keberhasilan dalam
kehidupan seseorang dibandingkan dengan Intelligence
Quotient (IQ) yang hanya kira-kira 20% saja. Menurut
Nugraha (2009), terungkapnya potensi kecerdasan
emosional (EI ) oleh ahli-ahli medis, psikologi atau dan
pendidikan, merupakan hasil kerja yang berlandaskan
pada pandangan holistik dalam memahami, mengungkap
dan memfasilitasi perkembangan anak.
Setiap tindakan yang akan diambil, untuk keperluan
perkembangan dan pembelajaran anak, harus berpijak
pada konsep holistik, dengan kata lain tinjauan holistik
harus menjadi salah satu prinsip dan landasan utama
dalam setiap usaha yang ditujukan untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. (Kurikulum
Bahan Ajar TK, 2009).
3. Integratif
Hasil penelitian menurut, Ongonga (2010),
melakukan penelitian yang memberikan penguatan
terhadap pembelajaran terintegrasi. Model pembelajaran
ini memerlukan pendekatan multidisiplin yang mengakui
pentingnya pengalian pengembangan keterampilan
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN