Page 181 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 181

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                   keberhasilan orang tua dan guru, dalam memberikan
                   bantuan,  tindakan  dan  intervensi  pada    pertumbuhan
                   anak  dan  perkembangan  anak  sebagaimana  yang  kita

                   inginkan. Hasil penelitian yang terakhir, terungkap fakta
                   yang  mengatakan,  bahwa  begitu  dominannya  pengaruh
                   Emotional Intelligence (EI) terhadap keberhasilan dalam

                   kehidupan  seseorang  dibandingkan  dengan  Intelligence
                   Quotient  (IQ)  yang  hanya  kira-kira  20%  saja.  Menurut
                   Nugraha  (2009),  terungkapnya  potensi  kecerdasan
                   emosional (EI ) oleh ahli-ahli medis, psikologi atau dan
                   pendidikan,  merupakan  hasil  kerja  yang  berlandaskan

                   pada pandangan holistik dalam memahami, mengungkap
                   dan memfasilitasi perkembangan anak.

                         Setiap tindakan yang akan diambil, untuk keperluan
                   perkembangan  dan  pembelajaran  anak,  harus  berpijak

                   pada konsep holistik, dengan kata lain tinjauan  holistik
                   harus  menjadi  salah  satu  prinsip  dan  landasan  utama
                   dalam  setiap  usaha  yang  ditujukan  untuk  membantu
                   pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. (Kurikulum

                   Bahan Ajar TK, 2009).

                3.  Integratif
                         Hasil  penelitian  menurut,  Ongonga  (2010),

                   melakukan  penelitian  yang  memberikan  penguatan
                   terhadap pembelajaran terintegrasi. Model pembelajaran

                   ini memerlukan pendekatan multidisiplin yang mengakui
                   pentingnya pengalian pengembangan keterampilan



                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186