Page 185 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 185
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
khayalan, legenda, atau dongeng semata.
b. Penjelasan guru, respon peserta didik, dan interaksi
edukatif guru- peserta didik terbebas dari prasangka
yang serta merta, pemikiran subjektif, atau penalaran
yang menyimpang dari alur berpikir logis.
c. Mendorong peserta didik berpikir secara kritis,
analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi,
memahami, memecahkan masalah, dan
mengaplikasikan materi pelajaran.
d. Mendorong dan menginspirasi peserta didik
mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan,
kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi
pembelajaran.
e. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang
dapat dipertanggung jawabkan.
f. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana
dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
5. Kontekstual
Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar
dimana guru memberi materi belajar kepada peserta
didik mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata peserta didik. Tujuannya untuk
mendorong peserta didik membuat hubungan antara
pengetahuan yang dia miliki dengan aktivitas yang
dia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Strategi
pembelajaran seperti ini, dapat memotivasi peserta
didik untuk memahami makna materi pelajaran yang
diberi oleh guru, seperti terlihat dalam gambar berikut
ini.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN