Page 187 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 187

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                   pengalaman peserta didik dan melatih peserta didik
                   agar dapat berpikir kritis dan trampil dalam memproses
                   pengetahuan  tujuanyan  agar  dapat  menemukan  dan

                   menciptakan sesuatu yangbermanfaatuntukdirinya sendiri
                   dan orang lain. Temuan dari hasil kegiatan instruksional
                   diharapkan sesuatu yang produktif dan bermakna untuk

                   diri sendiri dan masyarakat lingkungannya. Peserta didik
                   diharapkan secara induvidu dapat mentransfer informasi-
                   informasi  yang  komperehensif,  yang  sudah  menjadi
                   miliknya  sendiri.  Peserta  didik  dapat  mengaplikasikan
                   pengetahuan dan teori yang dimilikinya untuk dipraktikan

                   dalam kehidupan sehari-hari.

                         Model  pembelajaran  ini    sangat    mengutamakan
                   dan  sangat  penting  menanamkan  rasa  kerjasama  antara
                   peserta  didik  dalam  menyelesaikan  suatu  masalah  yang

                   dihadapi.  Artinya  capaian  pembelajaran  lulusan  diraih
                   melalui  kegiatan  instruksional  yang  disesuaikan  dengan
                   tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah
                   keahliannya,  sehingga  setiap  saat  peserta  didik  dapat

                   mentransfer ilmunya kepada sesama temannya.

                6.  Tematik
                         Tematik  artinya  capaian  pembelajaran  lulusan
                   diraihkan melalui kegiatan instruksional yang disesuaikan
                   dengan  karaktristik  keilmuan  program  studi  dan
                   dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan

                   transdisiplin.  Pada  dasarnya  pembelajaran  Tematik
                   memiliki  karaktristik  yang  khas  (berbeda)  dengan
                   karaktristik pembelajaran lainnya.
                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192