Page 187 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 187
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
pengalaman peserta didik dan melatih peserta didik
agar dapat berpikir kritis dan trampil dalam memproses
pengetahuan tujuanyan agar dapat menemukan dan
menciptakan sesuatu yangbermanfaatuntukdirinya sendiri
dan orang lain. Temuan dari hasil kegiatan instruksional
diharapkan sesuatu yang produktif dan bermakna untuk
diri sendiri dan masyarakat lingkungannya. Peserta didik
diharapkan secara induvidu dapat mentransfer informasi-
informasi yang komperehensif, yang sudah menjadi
miliknya sendiri. Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan teori yang dimilikinya untuk dipraktikan
dalam kehidupan sehari-hari.
Model pembelajaran ini sangat mengutamakan
dan sangat penting menanamkan rasa kerjasama antara
peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah yang
dihadapi. Artinya capaian pembelajaran lulusan diraih
melalui kegiatan instruksional yang disesuaikan dengan
tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah
keahliannya, sehingga setiap saat peserta didik dapat
mentransfer ilmunya kepada sesama temannya.
6. Tematik
Tematik artinya capaian pembelajaran lulusan
diraihkan melalui kegiatan instruksional yang disesuaikan
dengan karaktristik keilmuan program studi dan
dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan
transdisiplin. Pada dasarnya pembelajaran Tematik
memiliki karaktristik yang khas (berbeda) dengan
karaktristik pembelajaran lainnya.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN