Page 191 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 191
Karakteristik Kegiatan Instruksional
Dan Hasil Belajar
didik dikelompokkan secara bersama-sama, dan dapat
saling mendukung. Metode kolaboratif ini melibatkan
partisipasi aktif para peserta didik dan meminimisasi
perbedaan-perbedaan yang ada diantara peserta didik.
Adapun karaktristik dari kegiatan instruksional
kolaboratif, adalah peran peserta didik dan peran
pembelajaran. Menurut Panitz (1996), dalam Desain dan
Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Pendididkan
Dasar, peran peserta didik yang harus dikembangkan
adalah,
a. Mengarahkan, yaitu menyusun rencana yang akan
dilaksanakan dan mengajukan alternatif pemecahan
masalah yang dihadapi,
b. Menerangkan, yaitu, memberikan penjelasan atau
kesimpulan- kesimpulan pada anggota kelompok
yang lain,
c. Bertanya, yaitu, mengajukan pertanyaan-pertanyaan
untuk mengumpulkan informasi yang ingin diketahui,
d. Mengkritik, yaitu, mengajukan sanggahan dan
mempertanyakan alasan dari pendapat yang diajukan,
e. Merangkum, yaitu, membuat kesimpulan dari hasil
diskusi atau penjelasan yang diberikan,
f. Mencatat, yaitu membuat catatan tentang segala
sesuatu yang terjadi dan diperoleh kelompok, dan
g. Penengah, yaitu, meredakan konflik dan mencoba
meminimalkan ketegangan yang terjadi antara
anggota kelompok.
BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN