Page 191 - Profil Guru Masa Depan Berbasis Teknologi Pendidikan
P. 191

Karakteristik Kegiatan Instruksional
                                                          Dan Hasil Belajar

                   didik dikelompokkan secara bersama-sama, dan dapat
                   saling  mendukung.  Metode  kolaboratif  ini  melibatkan

                   partisipasi  aktif  para  peserta  didik  dan  meminimisasi
                   perbedaan-perbedaan yang ada diantara peserta didik.

                         Adapun  karaktristik  dari  kegiatan  instruksional

                   kolaboratif,  adalah  peran  peserta  didik  dan  peran
                   pembelajaran. Menurut Panitz (1996), dalam Desain dan
                   Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Pendididkan
                   Dasar,  peran  peserta  didik  yang  harus  dikembangkan

                   adalah,
                    a.  Mengarahkan,  yaitu  menyusun  rencana  yang  akan
                        dilaksanakan  dan  mengajukan  alternatif  pemecahan

                        masalah yang dihadapi,
                    b.  Menerangkan,  yaitu,  memberikan  penjelasan  atau
                        kesimpulan-  kesimpulan  pada  anggota  kelompok
                        yang lain,

                    c.  Bertanya,  yaitu,  mengajukan  pertanyaan-pertanyaan
                        untuk mengumpulkan informasi yang ingin diketahui,
                    d.  Mengkritik,  yaitu,  mengajukan  sanggahan  dan

                        mempertanyakan alasan dari pendapat yang diajukan,
                    e.  Merangkum,  yaitu,  membuat  kesimpulan  dari  hasil
                        diskusi atau penjelasan yang diberikan,
                    f.  Mencatat,  yaitu  membuat  catatan  tentang  segala
                        sesuatu yang terjadi dan diperoleh kelompok, dan

                    g.  Penengah,  yaitu,  meredakan  konflik  dan  mencoba
                        meminimalkan  ketegangan  yang  terjadi  antara
                        anggota kelompok.

                                             BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196