Page 29 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 29

Tabel 2. Ciri-ciri penerapan pembelajaran konstruktivis

                  Karakteristik    Mengkonstruksi pengetahuan secara aktif berdasarkan
                                pada pengalaman dan pengetahuan sebelumnya.
                                Menekankan pada kebutuhan terhadap ZPD
                                Menekankan  pada  pengaruh  budaya  dan  konteks
                                sosial budaya
                                Mengakui konstruksi sosial dari pengetahuan melalui
                                dialog dan negosiasi
                                Menekankan    konstruksi   intersubjektif   dari
                                pengetahuan
                                Multi interpretasi terhadap pengetahuan
                  Aplikasi      Menekankan peran penting teman sebaya
                                Enkulturasi  siswa  ke  dalam  komunitas  dari  disiplin
                                akademik tertentu atau profesi tertentu
                                Menggunakan tugas-tugas yang relevan dan otentik
                                Memberikan apresiasi dari berbagai perspektif
                                Pemecahan masalah dalam situasi dunia nyata
                                Melakukan kolaborasi dalam proses pembelajaran
                                Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi
                                kepada  kalayak  tentang  pekerjaan  mereka,  merevisi
                                pekerjaan  berdasarkan  kritik  sosial,  dan  melakukan
                                refleksi pada apa yang telah dipelajari dari pihak lain.

                  Sumber : Woo & Reeves, 2007

                   Pendekatan konstruktivis sosial tersebut dapat digunakan dalam proses
               pembelajaran  kewirausahaan  di  sekolah  menengah  kejuruan  yang  akan
               mendidik  calon  wirausahawan  yang  memiliki  ciri-ciri  proaktif,  berorientasi
               pada  prestasi,  dan  komitmen  pada  pihak  lain.  Pembentukan  ketiga  ciri
               wirausahawan  tersebut  dapat  dilakukan  melalui  penerapan  pembelajaran
               konstruktivis yang memiliki ciri-ciri sebagaimana terlihat pada Tabel 1 (Woo
               & Reeves, 2007).
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34