Page 29 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 29
Tabel 2. Ciri-ciri penerapan pembelajaran konstruktivis
Karakteristik Mengkonstruksi pengetahuan secara aktif berdasarkan
pada pengalaman dan pengetahuan sebelumnya.
Menekankan pada kebutuhan terhadap ZPD
Menekankan pada pengaruh budaya dan konteks
sosial budaya
Mengakui konstruksi sosial dari pengetahuan melalui
dialog dan negosiasi
Menekankan konstruksi intersubjektif dari
pengetahuan
Multi interpretasi terhadap pengetahuan
Aplikasi Menekankan peran penting teman sebaya
Enkulturasi siswa ke dalam komunitas dari disiplin
akademik tertentu atau profesi tertentu
Menggunakan tugas-tugas yang relevan dan otentik
Memberikan apresiasi dari berbagai perspektif
Pemecahan masalah dalam situasi dunia nyata
Melakukan kolaborasi dalam proses pembelajaran
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi
kepada kalayak tentang pekerjaan mereka, merevisi
pekerjaan berdasarkan kritik sosial, dan melakukan
refleksi pada apa yang telah dipelajari dari pihak lain.
Sumber : Woo & Reeves, 2007
Pendekatan konstruktivis sosial tersebut dapat digunakan dalam proses
pembelajaran kewirausahaan di sekolah menengah kejuruan yang akan
mendidik calon wirausahawan yang memiliki ciri-ciri proaktif, berorientasi
pada prestasi, dan komitmen pada pihak lain. Pembentukan ketiga ciri
wirausahawan tersebut dapat dilakukan melalui penerapan pembelajaran
konstruktivis yang memiliki ciri-ciri sebagaimana terlihat pada Tabel 1 (Woo
& Reeves, 2007).