Page 179 - Kewirausahaan Dalam Multi Perspektif
P. 179

PENUTUP
               REKOMENDASI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM

               Dari  berbagai  konsep  mengenai  pemberdayaan  masyarakat  di  bidang
               ekonomi,  berikut  beberapa  pilihan  strategi  yang  dilakukan  dalam
               pemberdayaan UMKM, yaitu:
               1.  Kemudahan dalam Akses Permodalan
                   Salah  satu  permasalahan  yang  dihadapi  UMKM  adalah  aspek
                   permodalan. Lambannya akumulasi kapital di kalangan pengusaha mikro,
                   kecil, dan menengah, merupakan salah satu penyebab lambannya laju
                   perkembangan  usaha  dan  rendahnya  surplus  usaha  di  sektor  usaha
                   mikro, kecil dan menengah. Faktor modal juga menjadi salah satu sebab
                   tidak munculnya usaha-usaha baru di luar sektor ekstraktif. Oleh sebab
                   itu  dalam  pemberdayaan  UMKM  pemecahan  dalam  aspek  modal  ini
                   penting dan memang harus dilakukan.
                   Oleh karena itu, untuk meningkatkan kapasitas UMKM ini, Perbankan
                   harus  menjadikan  sektor  ini  sebagai  pilar  terpenting  perekonomian
                   negeri.  Bank  diharapkan  tidak  lagi  hanya  memburu  perusahaan-
                   perusahaan  yang  telah  mapan,  tetapi  juga  menjadi  pelopor  untuk
                   mengembangkan  potensi  perekonomian  dengan  menumbuhkan
                   wirausahawan melalui dukungan akses permodalan bagi pengembangan
                   wirausaha  baru  di  sektor  UMKM.  Perbankan  harus  meningkatkan
                   kompetensinya dalam memberdayakan Usaha Kecil Menengah dengan
                   memberikan  solusi  total  mulai  dari  menjaring  wiraushawan  baru
                   potensial,  membinanya  hingga  menumbuhkannya.  Pemberian  kredit
                   inilah  satu  mata  rantai  dalam  pengembangan  Usaha  Mikro  Kecil
                   Menengah secara utuh.
               2.  Bantuan Pembangunan Prasarana
                   Usaha  mendorong  produktivitas  dan  mendorong  tumbuhnya  usaha,
                   tidak memiliki arti penting bagi masyarakat, kalau hasil produksinya tidak
                   dapat dipasarkan, atau kalaupun dapat dijual tetapi dengan harga yang
                   amat  rendah.  Oleh  sebab,  itu  komponen  penting  dalam  usaha
                   pemberdayaan  UMKM  adalah  pembangunan  prasarana  produksi  dan
                   pemasaran.
               3.  Pengembangan Skala Usaha
               4.  Pengembangan Jaringan Usaha, Pemasaran dan Kemitraan Usaha.
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184