Page 137 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 137

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Banyak individu maupun lembaga pendidikan terkemua dunia yang
               sekarang  mengembangkan  dan  menyediakan  OERs.  Diantara  situs
               OER perguruan tinggi yang populer misalnya milik Utah University
               (http://ocw.usu.edu/),  Stanford  University  (http://see.stanford.
               edu/),  Harvard  University  (disebarkan  melalui  situs  Open  Culture
               pada  http://www.openculture.com/2010/08/),  Open  University
               (http://openlearn.open.ac.uk/), dsb.  Sementara itu, situs-situs lain
               yang juga populer adalah OER Commons (www.oercommons.org),
               Curriki  (www.curriki.org),  Merlot  (www.merlot.org),  WikiEducator
               (www.wikieducator.org),  iTunes  U  (www.apple.com/.../itunes-u/),
               OCW Consorsium (www.ocwconsortium.org/),  Khan Academy (www.
               khanacademy.org),  dsb.  Untuk  Indonesia,  banyak  juga  perguruan
               tinggi maupun institusi pendidikan lainnya yang telah menawarkan
               OERs, diantaranya Universitas Terbuka melalui situs SUAKA (Sumber
               Pembelajaran  Terbuka)  di  https://www.ut.ac.id/  OER/index.html,
               Pustekkom-Kemendikbud  melalui  situs  Rumah  Belajar  di  https://
               belajar.kemdikbud.go.id/  Dashboard/,  SPADA  Kemenristekdiki
 126                                                                          127
               di  http://spada.ristekdikti.go.id/pages/materi-terbuka,  dan  lain-
               lain. Situs-situs ini serta banyak lagi situs lainnya secara kumulatif
               menawarkan  jutaan  materi  pembelajaran  secara  gratis  dalam
               platform yang sangat mudah dioperasikan. Curriki dan WikiEducator
               bahkan telah berkembang menjadi semacam komunitas yang aktif
               melakukan  diskusi-diskusi  akademik  terkait  dengan  materi  yang
               sedang  menjadi  ‘hit’,  dan  dapat  diikuti  juga  melalui  situs  jejaring
               sosial facebook dan twitter.
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142