Page 136 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 136
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
tidak restriktif (terbuka) seperti misalnya Creative Commons (lihat
bagian selanjutnya dari Bab ini).
Pemahaman dan definisi OER terus berevolusi seiring dengan
semakin banyaknya orang yang mengadopsi konsep pendidikan
terbuka di seluruh dunia. Hal ini juga memicu berkembangnya
ragam materi dengan ragam cara penyebaran yang kadang-kadang
menimbulkan pertanyaan apakah materi yang disebarkan seperti itu
termasuk OER atau tidak. Konsensus yang terbentuk mengatakan
bahwa idealnya OER mengandung tiga dimensi, yaitu:
1. Dimensi nilai pendidikan: OER harus bersifat bebas (free), bebas
biaya (gratis) dan bebas digunakan tanpa restriksi (kendala);
2. Dimensi nilai pedagogic: OER harus mengandung kerangka
4R (reuse, revise, remix and redistribute) seperti halnya open
content; dan
3. Dimensi teknologi: OER harus dituangkan dalam media dan
teknologi yang tidak membatasi skema pemberian hak 4R
126 127
kepada penggunanya. Misalnya, suatu materi video yang OER
jangan dibuat dalam format komersial seperti Windows Media
Video (WMV) atau Flash Video Format (FLV) karena akan
mengharuskan penggunanya memakai software komersial juga
(tidak gratis).