Page 136 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 136

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                 tidak restriktif (terbuka) seperti misalnya Creative Commons (lihat
                 bagian selanjutnya dari Bab ini).


                 Pemahaman  dan  definisi  OER  terus  berevolusi  seiring  dengan
                 semakin  banyaknya  orang  yang  mengadopsi  konsep  pendidikan
                 terbuka  di  seluruh  dunia.  Hal  ini  juga  memicu  berkembangnya
                 ragam materi dengan ragam cara penyebaran yang kadang-kadang
                 menimbulkan pertanyaan apakah materi yang disebarkan seperti itu
                 termasuk  OER  atau  tidak.  Konsensus  yang  terbentuk  mengatakan
                 bahwa idealnya OER mengandung tiga dimensi, yaitu:
                 1.  Dimensi nilai pendidikan: OER harus bersifat bebas (free), bebas
                    biaya (gratis) dan bebas digunakan tanpa restriksi (kendala);
                 2.  Dimensi  nilai  pedagogic:  OER  harus  mengandung  kerangka
                    4R (reuse, revise, remix and redistribute) seperti halnya open
                    content; dan
                 3.  Dimensi  teknologi:  OER  harus  dituangkan  dalam  media  dan
                    teknologi  yang  tidak  membatasi  skema  pemberian  hak  4R
     126                                                                                                                                                           127
                    kepada penggunanya. Misalnya, suatu materi video yang OER
                    jangan dibuat dalam format komersial seperti Windows Media
                    Video  (WMV) atau  Flash  Video  Format  (FLV)  karena akan
                    mengharuskan penggunanya memakai software komersial juga
                    (tidak gratis).
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141