Page 134 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 134

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                 Seluas  apa  hak  yang  ingin  diberikan  oleh  penciptanya,  itulah
                 yang  menentukan  seberapa  terbuka  open  content tersebut bagi
                 penggunanya.


                 Perkembangan Open Content telah menginspirasi banyak kalangan
                 untuk  melakukan  berbagai  inisiatif  dalam  rangka  memanfaatkan
                 berbagai perangkat lunak dan materi gratis yang tersedia di internet.
                 Di kalangan komunitas pendidikan, banyak proyek penelitian, Riset
                 dan  Pengembangan  (R&D)  dilakukan  baik  oleh  individu  maupun
                 institusi  yang  melahirkan  banyaknya  pendidik  pada  berbagai
                 jenjang  pendidikan  mengembangkan  materi  pembelajaran  untuk
                 memperkaya bahan pembelajaran di kelas mereka, yang kemudian
                 melahirkan berbagai istilah seperti learning object (LO) dan  learning
                 object material (LOM) mulai pertengahan tahun 1990-an. LO atau
                 LOM didefinisikan sebagai ‘... smaller, self-contained, re-usable units
                 of learning [materials] (Beck, 2008)’, dan umumnya dalam format
                 digital yang disebarkan dengan cuma-cuma melalui internet.
     124                                                                                                                                                           125
                 Perkembangan  lanjutan  dari  maraknya  pengembangan  LO  dan
                 LOM ini kemudian melahirkan istilah lain seperti open courseware
                 (OCW)  yang  umumnya  LO/LOM  yang  meliputi  materi  yang  lebih
                 komprehensif (biasanya meliputi seluruh materi satu mata pelajaran/
                 mata kuliah tertentu). The Massachussetts Institute of Technology
                 atau MIT adalah universitas yang pertama kali, pada tahun 2001,
                 secara resmi mengumumkan bahwa semua bahan perkuliahannya
                 akan dibuka untuk umum melalui internet yang kemudian terkenal
                 dengan nama MIT OpenCourseWare (MIT-OCW).


                 Pengembangan materi-materi  OpenCourseWare  oleh  MIT  telah
                 menginspirasi banyak perguruan tinggi lain di dunia untuk melakukan
                 hal serupa dan akhirnya menginspirasi UNESCO untuk mengadopsi
                 istilah  Open  Educational  Resources  (OERs)  pada  Forum  on  “the
                 Impact  of  Open  Courseware  for  Higher  Education  in  Developing
                 Countries” pada tahun  2002.
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139