Page 130 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 130

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                 Secara  sederhana,  langkah-langkah  pengembangan  bahan
                 pembelajaran online dapat dilakukan sebagai berikut.
                 1.  Perencanaan.  Tahap  ini  merupakan  tahapan  terpenting.
                    Perencanaan  harus  dimulai  dengan  menetapkan  tujuan  akhir
                    yang  ingin  dicapai:  apa  yang  harus  dicapai  oleh  pembelajar
                    di  akhir  proses  pembelajaran?  Pada  tahap  inilah  dilakukan
                    analisis  kompetensi  dan  pemetaan  kompetensi.  Hasil  dari
                    proses ini adalah peta kompetensi dan silabus yang kemudian
                    dikembangkan  secara  lebih  rinci  ke  dalam  suatu  rancangan
                    mata  pelajaran  (course  blueprint).  Dan  jika  bahan  ajar  akan
                    dikembangkan menjadi suatu e-lesson, maka course blueprint
                    ini dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu storyboard.


                 2.  Pengembangan  Materi.  Pada  tahap  ini  materi  per  bagian
                    silabus untuk setiap jenis media dikembangkan menjadi bahan
                    ajar yang siap untuk digunakan. Dalam pengembangan materi
                    ini  juga  dikembangkan  materi  asesmen  untuk  mengevaluasi
     120                                                                                                                                                           121
                    capaian belajar pembelajar. Materi asesmen yang diintegrasikan
                    dalam  bahan  ajar  biasanya  adalah  materi  asesmen  formatif.
                    Metode  pengembangan  materi  dan  sistem  asesmen  sumatif
                    dalam pembelajaran online akan dibahas di bagian lain dalam
                    buku ini.

                 3.  Pengembangan  Media.  Setelah  substansi  materi  lengkap
                    maka  Tim  pengembang  khsusnya  ahli  materi  dan  ahli  media
                    mulai  mengembangkan atau mencari materi non-teks untuk
                    melengkapi dan memenuhi tuntuan rancangan pembelajaran.
                    Untuk setiap bagian materi yang telah ditetapkan harus didukung
                    atau disampaikan melalui misalnya video, maka video itu harus
                    dibuat  atau  dicari  di  berbagai  sumber  yang  ada  di  internet.
                    Penggunaan  materi  dari  internet  harus  memperhatikan  hak
                    cipta yang digunakan oleh penciptanya, apakah memerlukan ijin
                    atau tidak untuk menggunakannya.
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135