Page 130 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 130
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
Secara sederhana, langkah-langkah pengembangan bahan
pembelajaran online dapat dilakukan sebagai berikut.
1. Perencanaan. Tahap ini merupakan tahapan terpenting.
Perencanaan harus dimulai dengan menetapkan tujuan akhir
yang ingin dicapai: apa yang harus dicapai oleh pembelajar
di akhir proses pembelajaran? Pada tahap inilah dilakukan
analisis kompetensi dan pemetaan kompetensi. Hasil dari
proses ini adalah peta kompetensi dan silabus yang kemudian
dikembangkan secara lebih rinci ke dalam suatu rancangan
mata pelajaran (course blueprint). Dan jika bahan ajar akan
dikembangkan menjadi suatu e-lesson, maka course blueprint
ini dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu storyboard.
2. Pengembangan Materi. Pada tahap ini materi per bagian
silabus untuk setiap jenis media dikembangkan menjadi bahan
ajar yang siap untuk digunakan. Dalam pengembangan materi
ini juga dikembangkan materi asesmen untuk mengevaluasi
120 121
capaian belajar pembelajar. Materi asesmen yang diintegrasikan
dalam bahan ajar biasanya adalah materi asesmen formatif.
Metode pengembangan materi dan sistem asesmen sumatif
dalam pembelajaran online akan dibahas di bagian lain dalam
buku ini.
3. Pengembangan Media. Setelah substansi materi lengkap
maka Tim pengembang khsusnya ahli materi dan ahli media
mulai mengembangkan atau mencari materi non-teks untuk
melengkapi dan memenuhi tuntuan rancangan pembelajaran.
Untuk setiap bagian materi yang telah ditetapkan harus didukung
atau disampaikan melalui misalnya video, maka video itu harus
dibuat atau dicari di berbagai sumber yang ada di internet.
Penggunaan materi dari internet harus memperhatikan hak
cipta yang digunakan oleh penciptanya, apakah memerlukan ijin
atau tidak untuk menggunakannya.