Page 325 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 325

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI



















                                                 Gambar 1.
                                   Ilustrasi Model Video Konferensi Berbasis Internet
                                             (sumber:fisher.osu.edu)



                      2.  Webinar sebagai Solusi untuk Menjawab  Tantangan Pendidikan
                         Jarak Jauh
                      PJJ akhir-akhir ini telah menjadi  trend dan menciptakan pangsa pasar
                      yang mulai dilirik banyak institusi pendidikan. Perkembangan teknologi,
                      khususnya teknologi internet, menciptakan dunia atau lingkungan baru
                      yang menyediakan pengalaman belajar yang menarik dan menantang bagi
                      mahasiswa. Perkembangan teknologi baru ini mungkin sulit dibayangkan
                      pada model pendidikan jarak jauh pada beberapa tahun sebelumnya.
                      Perkembangan yang pesat ini menjadikan PJJ, terutama yang menggunakan
                      modus online, menjadi alternatif menarik untuk menggantikan atau setidaknya
                      menjadi suplemen untuk model pendidikan tatap muka (Waits & Lewis, 2004).

                      PJJ, terutama pada jenjang pendidikan tinggi, kini telah menjadi semakin
                      dikenal dan lazim dimanfaatkan karena memiliki fleksibilitas dalam sistem
                      belajar mengajar sehingga mampu membuka peluang kepada calon
                      mahasiswa yang tidak memiliki akses mengikuti pendidikan tatap muka karena
                      kendala waktu, jarak, dan lokasi (Bartley, et al., 2004). Satu studi juga telah
                      membuktikan bahwa secara kualitas, lulusan PJJ tidak kalah dengan lulusan
                      institusi pendidikan konvensional dan mampu bersaing secara profesional




                                                                                 315
   320   321   322   323   324   325   326   327   328   329   330