Page 326 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 326

(Sussmanm, et al., 2010). Namun, sistem pendidikan jarak jauh juga tidak lepas
                 dari kendala. Salah satu kendala yang paling utama adalah tingginya tingkat
                 mahasiswa yang tidak menyelesaikan proses belajar mengajar pada mata kuliah
                 yang diambil. Hasil-hasil penelitian terkait masalah ini menunjukkan bahwa
                 tingkat kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan proses belajar mengajar
                 pada universitas yang menawarkan PJJ  mencapai 20—50% .
                 Tingginya permintaan dan tumbuhnya pasar terhadap program belajar
                 fleksibel yang mendukung pengembangan karier dan konsep belajar
                 sepanjang hayat membuat tuntutan atas perbaikan kualitas layanan belajar,
                 fasilitas,  hasil  belajar,  dan  kepuasan  selama  belajar  semakin  tinggi.  Studi
                 motivasi menunjukkan bahwa aspek internal mahasiswa sangat menentukan
                 keberhasilan proses belajar. Tingginya ekspektasi mahasiswa terhadap sistem
                 pendidikan  jarak  jauh  dan kondisi  riil yang  terjadi  selama proses  belajar
                 mengajar dapat menurunkan motivasi mahasiswa yang berakhir dengan
                 kegagalan mahasiswa tersebut. Keller (1987) dengan model motivasinya yang
                 terkenal, ARCS (attention,  relevance,  confidence,  satisfaction), menawarkan
                 suatu  strategi  motivasi yang dapat  menjaga dan meningkatkan  kinerja
                 belajar mahasiswa. Esensinya adalah bagaimana menjaga dan meningkatkan
                 motivasi mahasiswa agar tetap  fokus dan terlibat dalam  proses  belajarnya.
                 Pada pendidikan tatap muka, proses ini biasanya berlangsung instan dan
                 cepat karena dosen berhadapan langsung dengan mahasiswa sehingga dapat
                 langsung mendeteksi perubahan sikap mahasiswa, seperti menjadi bosan
                 dan banyak bercanda. Dengan demikian, dosen dapat langsung melakukan
                 modifikasi pada strategi mengajar, misalnya dengan mengubah intonasi suara,
                 melempar humor-humor segar untuk memecah kebosanan, atau mengganti
                 materi perkuliahan. Proses ini akan menjadi sulit diterapkan pada pendidikan
                 jarak  jauh  karena  dosen tidak dapat serta-merta mendeteksi motivasi para
                 mahasiswa karena tidak ada interaksi langsung. Di samping itu, materi belajar
                 yang disediakan pada PJJ biasanya sudah didesain secara lengkap sejak awal
                 masa studi sehingga perubahan sajian materi sulit dilakukan ditengah-tengah
                 masa studi. Kajian yang meneliti masalah ini juga membuktikan bahwa
                 kepuasan mahasiswa terhadap sistem belajar online berpengaruh terhadap
                 efektivitas sistem belajar tersebut (Levy, 2003).



                 316
   321   322   323   324   325   326   327   328   329   330   331