Page 327 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 327
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Menurut banyak peneliti, efektivitas dan keberhasilan belajar jarak jauh online
sangat bergantung pada interaksi yang merupakan elemen penting pada
proses belajar mahasiswa (Fresen, 2007; Moore, 1993; Northrup, 2001). Gao
dan Lehman (2003) pada studi lebih lanjut mengenai pengaruh interaksi
terhadap motivasi mahasiswa menunjukkan bahwa jika interaktivitas pada
kelas online tercapai sampai tingkat tertentu, motivasi mahasiswa akan
terjaga dan outcome belajar akan meningkat dengan sendirinya. Penerapan
salah satu komponen blended learning, yaitu interaksi langsung yang biasa
dilakukan pada modus tatap muka, dapat dilakukan pada kelas online. Pada
kelas online, konsep interaksi langsung ini dapat diartikan sebagai web-
enhanced instruction atau technology-mediated instruction, yaitu interaksi yang
selama ini dilakukan secara asinkronus diubah menjadi sinkronus dengan
mengemulasi situasi tatap muka di kelas online. Perkembangan teknologi
yang pesat memungkinkan pertemuan tatap muka dilakukan secara online.
Teknologi yang mampu menyediakan layanan ini juga bermacam-macam,
mulai dari yang sifatnya propetiary (seperti video conference Polycom dan
Tandberg) sampai yang berbasis web dan terbuka (seperti webinar, messenger,
dan lain-lain). Model blended learning ini secara visual dapat dideskripsikan
pada gambar di bawah ini.
317