Page 245 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 245
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan untuk menjaga
kerahasiaan serta keamanan soal ujian, pada tahun 2008 UT menyempurnakan
sistem ujian tersebut agar perakitan dapat dilakukan secara fully online
melalui server komputer yang ada di Pusat Pengujian UT Pusat. Mulai saat
itu, sistem ujian tersebut kembali dikenal sebagai Sistem Ujian Online
(SUO). Penyempurnaan aplikasi SUO tersebut diawali dengan pelaksanaan
brainstorming staf UT Pusat dengan staf yang ada di enam UPBJJ-UT (Medan,
Padang, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, dan Makassar).
Pengembangan SUO tersebut melalui tahapan sebagai berikut. (1) mendesain
database bank soal SUO; (2) mendesain database dan sistem pendaftaran
SUO; (3) mendesain database dan sistem ujian SUO; (4) mengembangkan/
modifikasi aplikasi SUO; (5) menyediakan butir soal di bank soal SUO; (6)
menyusun Standard Operating Prosedure (SOP); (7) mengembangkan prosedur
penggunaan SUO dalam bentuk multimedia; (8) menguji coba aplikasi SUO;
(9) menyosialisasikan SUO di UT Pusat dan di UPBJJ-UT; dan (10) melaksanakan
SUO. Tahapan kegiatan butir 1-5 selesai dilaksanakan pada tahun 2009. Belum
semua soal ujian tertulis mata kuliah disiapkan juga bank soal SUO-nyakarena
ada mata kuliah yang (a) bahan ajarnya sedang dalam proses revisi;(b) bentuk
ujiannya bukan tes objektif; (c) memiliki soal ujian yang khusus (soal ujian
berantai). Selama masa penyempurnaan menjadi SUO fully online, UT tetap
melayani mahasiswa untuk mengikuti ujian berbasis komputer. Pada saat itu,
ujian berbasis komputer telah diselenggarakan di 16 UPBJJ-UT.
Pada masa ujian 2009.1, SUO diuji cobakan di 6 UPBJJ-UT (Medan, Padang,
Bandung, Yogjakarta, Surabaya, dan Makassar) dengan menggunakan
jaringan internet. Untuk memudahkan pelaksanaan SUO selanjutnya, dosen
UT melengkapi ketersediaan soal ujian melalui sistem bank soal dan Tim
Pengembang SUO menyusun Standard Operating Procedure (SOP). SOP
merupakan prosedur yang menjamin bahwa pekerjaan yang bersifat rutin
dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan memberikan
kemudahan dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pekerjaan
tersebut. Manual SOP yang dibuat diharapkan dapat meningkatkan efisiensi
dan efektivitas kinerja layanan yang diberikan oleh SUO. Dengan adanya
instruksi kerja yang terstandarisasi maka semua kegiatan layanan SUO akan
235