Page 241 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 241
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
kegagalan hardware atau saluran telepon, keterampilan teknis yangbervariasi,
kecemasan berhadapan dengan teknologi, dan kelelahan mata karena
penggunaan komputer (Carnavale, 2001 dalam Prince, Fulton dan Garsombke,
2009; Juchnowski dan Atkins 1999; Kerka dan Wonacoot, 2000). Terlepas dari
kekurangan dan kelebihannya, ujian online sangat layak dan pantas untuk
diimplementasikan dalam sistem ujian pendidikan tinggi karena metode yang
diadopsi dapat mengukur kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis dan
analitis (Kanuka, 2001 dalam Khare dan Lam, 2008).
Meskipun tidak ada teknologi yang dapat menjamin kejujuran akademis
(Mogey, 1999 dan King, 1998), namun dengan semakin berkembangnya
teknologi memungkinkan digunakannya alat-alat untuk menghindari
terjadinya kecurangan akademik, seperti memasang kamera, menggunakan
remote proctors (termasuk sidik jaridan mekanisme pengecekan identitas),
dan program proctored exams untuk mengecek plagiarisme (Prince, Fulton,
dan Garsombke, 2009). Lebih lanjut, Rowe (2004) mengemukakan beberapa
metodologi praktik untuk meningkatkan efektivitas penilaian online, seperti(1)
menjelaskan dengan tegas batasan kecurangan akademik dan plagiarisme
dan mendorong kode etik kejujuran akademik; (2) menjaga keamanan
penilaian melalui penggunaan password; (3) penggunaan proctortest untuk
semua jenis penilaian; (4) membuat pertanyaan yang diambil secara random
dari bank soal;dan(5) mengawasi kondisi ujian dengan melarang penggunaan
alat elektronik selama ujian.
Sebagian peneliti mencurigai bahwa keterampilan menggunakan komputer
dapat mempengaruhi hasil ujian (Bridgeman, dkk, 2003; Gallagher dkk., 2002;
Keng, dkk., 2006; Pommerich; 2004; Wang dan Kolen, 2001; Way, dkk., 2006).
Namun, peneliti-peneliti lain melaporkan bahwa media yang digunakan untuk
melaksanakan ujian, apakah berupa paper and pencil test atau komputer, tidak
akan berpengaruh terhadap validitas hasil ujian (Poggio, dkk., 2005; Sandene,
dkk., 2005). Adanya pendapat bahwa hasil ujian dipengaruhi keterampilan
menggunakan komputer, dijadikan perhatian oleh UT dalam menetapkan
persyaratan peserta yang dapat mengikuti ujian SUO.
231