Page 239 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 239
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Huffman dkk., 2008; Ogilvie, dkk., 1999; Lee & Tsai, 2005; Sahin, 2007; Savery, 2002).
Sistem ujian dengan pemanfaatan TIK sebenarnya bukan merupakan hal baru.
Di dunia internasional saat ini telah berkembang pesat penyelenggaraan ujian
yang menggunakan komputer (Bishop, 2000; Bitzer, 2000; Newman, 2000).
Penggunaan komputer telah terbukti berhasil untuk mendukung kelancaran
kegiatan ujian berbasis komputer (Jones 2002 dan Cantillon, dkk., 2004).
Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan terbuka dan jarak jauh pun semakin
berkembang karena didukung dengan penggunaan TIK untuk kegiatan
pembelajaran dan penilaian (Achtemeier dkk., 2003; Conole & Dyke, 2004;
Taylor, 1995; 2001; Tsai, 2005). Semakin berkembangnya TIK memberikan
dukungan pada pendidikan terbuka dan jarak jauh untuk pengembangan dan
pemanfaatan model pembelajaran berbasis komputer (Taylor, 1995; 2001) dan
kegiatan penilaian (Conole & Dyke, 2004). Pada sistem pendidikan ini, penilaian
dengan menggunakan teknologi internet dapat memberikan kesempatan
yang lebih besar untuk menilai komunikasi, interaktivitas, kolaborasi, dan
belajar yang konstruktif yang terjadi pada diri mahasiswa (Hazari dan Schnorr,
1999 dalam Kerka dan Wonacott, 2000; dan Morgan dan O’Reilly, 1999).
Penilaian pada pendidikan jarak jauh dapat berupa bahan ujian yang dibagikan
kepada mahasiswa oleh instruktur atau pengawas ujian, yang disebut sebagai
paper and pencil test. Bahan ujian dapat juga diberikan dalam bentuk ujian
berbasis komputer. Untuk keperluan penyiapan bahan penilaian formatif
dan sumatif menggunakan ujian berbasis komputer, perangkat lunak yang
diperlukan dapat diakses oleh mahasiswa dengan berbagai cara. Misalnya,
perangkat lunak dipasang pada komputer lokal mahasiswa, dikirim melalui
pos atau dengan kurir, atau dapat berupa program yang diperoleh melalui
internet.Bahan ujian juga dapat disediakan secara online, dan mahasiswa juga
mengikuti ujian secara online (Jones, 2002).
Pelaksanaan tes atau ujian dengan menggunakan komputer dikenal juga
sebagai ujian berbantuan komputer atau computer-based testing (CBT).
Terdapat dua macam CBT, yaitu linear test (tes linier) dan adaptive test (tes
adaptif). Tes linier terdiri atas seperangkat soal, mulai yang termudah sampai
yang tersukar, tanpa memperhatikan kemampuan peserta tes. Tes adaptif
229