Page 238 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 238
sistem bank soal UT telah memanfaatkan TIK untuk mengembangkan dan
memanfaatkan sistem manajemen informasi untuk penyiapan naskah ujian. Di
samping itu, TIK juga digunakan untuk sistem penyiapan naskah ujian secara
digital, yang merupakan cikal bakal dari sistem bank soal serta dimanfaatkan
juga untuk proses pengolahan hasil ujian. Dengan semakin berkembangnya
sistem bank soal UT, pada tahun 2004 dilakukan pengkajian dan ujicoba
untuk memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam hal pengaturan
waktu mengikuti ujian akhir semester (UAS) bagi mahasiswa, yaitu dengan
dilakukannya pengembangan sistem ujian online (SUO). Sistem ujian ini
diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang
pengujian dan memberikan pilihan sistem ujian kepada mahasiswa. Sistem
ujian yang pertama kali diuji cobakan UT pada tahun 2005 ini saat itu masih
dikembangkan dalam bentuk ujian berbasis komputer.
2. Penggunaan Komputer untuk Ujian
Pada pendidikan jarak jauh, evaluasi hasil belajar dilakukan melalui suatu
proses penilaian untuk memperoleh dan menginterpretasi informasi tentang
pengetahuan, pemahaman, kemampuan, dan perilaku seseorang (Rowntree,
1997). Evaluasi hasil belajar atau penilaian merupakan bagian dari proses
pembelajaran, cara mengevaluasi kinerja, dan cara memberi umpan balik
terhadap kemajuan ataupun hasil belajar mahasiswa (Asia Pasific Knowledge
Base on Open Distance Learning, 2004). Penilaian tidak hanya memberikan
umpan balik dan laporan tentang hasil belajar mahasiswa, namun juga
menjelaskan tentang bagaimana memberikan pengalaman belajar kepada
mahasiswa agar menunjukkan hasil belajar yang optimal. Penilaian hasil
belajar (learning outcomes) terhadap mahasiswa yang belajar menggunakan
sistem Online pada prinsipnya sama seperti yang diterapkan terhadap
mahasiswa yang belajar pada sistem pendidikan tatap muka (Schulman dan
Sims, 1999 dalam Anakwe, 2008).
Teknologi komputer dan internet saat ini telah digunakan secara luas dalam
dunia pendidikan untuk kegiatan belajar mengajar, termasuk untuk kegiatan
testing atau pelaksanaan ujian dan penilaian (Duran, 2000, Gibson dkk., 2000;
228