Page 238 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 238

sistem bank soal UT telah memanfaatkan TIK untuk mengembangkan dan
                 memanfaatkan sistem manajemen informasi untuk penyiapan naskah ujian. Di
                 samping itu, TIK juga digunakan untuk sistem penyiapan naskah ujian secara
                 digital, yang merupakan cikal bakal dari sistem bank soal serta dimanfaatkan
                 juga untuk proses pengolahan hasil ujian.  Dengan semakin berkembangnya
                 sistem bank soal UT, pada tahun 2004 dilakukan pengkajian dan ujicoba
                 untuk memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam hal pengaturan
                 waktu mengikuti ujian akhir semester (UAS) bagi mahasiswa, yaitu dengan
                 dilakukannya  pengembangan sistem  ujian  online  (SUO).  Sistem ujian  ini
                 diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang
                 pengujian dan memberikan pilihan sistem ujian kepada mahasiswa. Sistem
                 ujian yang pertama kali diuji cobakan UT pada tahun 2005 ini saat itu masih
                 dikembangkan dalam bentuk ujian berbasis komputer.



                 2.  Penggunaan Komputer untuk Ujian

                 Pada pendidikan jarak jauh, evaluasi hasil belajar dilakukan melalui suatu
                 proses penilaian untuk memperoleh dan menginterpretasi informasi tentang
                 pengetahuan, pemahaman, kemampuan, dan perilaku seseorang (Rowntree,
                 1997).  Evaluasi hasil belajar atau penilaian merupakan bagian dari proses
                 pembelajaran, cara mengevaluasi kinerja, dan cara memberi umpan balik
                 terhadap kemajuan ataupun hasil belajar mahasiswa (Asia Pasific Knowledge
                 Base on Open Distance Learning, 2004). Penilaian tidak hanya memberikan
                 umpan balik dan laporan tentang hasil belajar mahasiswa, namun juga
                 menjelaskan tentang bagaimana memberikan pengalaman belajar kepada
                 mahasiswa agar menunjukkan hasil belajar yang optimal. Penilaian hasil
                 belajar (learning outcomes) terhadap mahasiswa yang belajar menggunakan
                 sistem  Online  pada prinsipnya sama seperti yang diterapkan terhadap
                 mahasiswa yang belajar pada sistem pendidikan tatap muka (Schulman dan
                 Sims, 1999 dalam Anakwe, 2008).

                 Teknologi komputer dan internet saat ini telah digunakan secara luas dalam
                 dunia pendidikan untuk kegiatan belajar mengajar, termasuk untuk kegiatan
                 testing atau pelaksanaan ujian dan penilaian (Duran, 2000, Gibson dkk., 2000;



                 228
   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243