Page 233 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 233
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
Dry lab didesain sedemikian rupa sesuai dengan konsep self instruksional yang
dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Adapun secara rinci materi
dry lab terdiri atas
a. landasan teori dari seluruh topik yang akan dipraktikumkan;
b. latar belakang, tujuan dan prosedur dari setiap topik;
c. bahan dan alat yang digunakan;
d. tes penguasaan materi yang akan dipraktikumkan;
e. pelaksanaan praktikum dan pelaporan.
Untuk menjamin kualitas materi dry lab yang terstandar maka proses
pengembangannya dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut.
a. Persiapan
Persiapan mencakup penyusunan Garis-garis Besar Program Multimedia
(GBPM), yang dimaksudkan untuk menyusun rancangan materi, media
yang akan dikembangkandan identifikasi berbagai aset digital, serta
sumber-sumber referensi yang akan digunakan.
b. Pengembangan
Pada tahap ini dilakukan penyusunan storyboard, integrasi aset digital
dan narasi, visualisasi, serta penyusunan assessment. Dalam proses
pengembangan ini dilakukan progress checksecara kontinyu dengan
melibatkan penulis storyboard, ahli materi, ahli media, ahli instruksional,
dan programmer untuk memastikan bahwa materi sesuai dengan
rancangan yang telah ditetapkan.
c. Produksi master
Tahap selanjutnya adalah produksi master, yang secara rinci dapat dilihat
pada Gambar 1. Tahapan ini dimulai dengan pembuatan format/design
template, simbol-simbol navigasi, pembuatan ilustrasi dan gambar, slide
show, animasi, simulasi, pengambilan video, perekaman narasi, editing
audio/video, dan pengintegrasian berbagai aset digital. Pada tahapan
ini juga dilakukanuser acceptance test (UAT), yang bertujuan untuk
223