Page 233 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 233

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      Dry lab didesain sedemikian rupa sesuai dengan konsep self instruksional yang
                      dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Adapun secara rinci materi
                      dry lab terdiri atas
                      a.  landasan teori dari seluruh topik yang akan dipraktikumkan;

                      b.  latar belakang, tujuan dan prosedur dari setiap topik;
                      c.  bahan dan alat yang digunakan;

                      d.  tes penguasaan materi yang akan dipraktikumkan;
                      e.  pelaksanaan praktikum dan pelaporan.

                      Untuk menjamin kualitas materi  dry  lab yang terstandar maka proses
                      pengembangannya dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut.

                      a.  Persiapan
                         Persiapan mencakup penyusunan Garis-garis Besar Program Multimedia
                         (GBPM),  yang  dimaksudkan  untuk menyusun  rancangan  materi,  media
                         yang akan dikembangkandan identifikasi berbagai  aset digital, serta
                         sumber-sumber referensi yang akan digunakan.

                      b.  Pengembangan
                         Pada tahap ini dilakukan penyusunan  storyboard, integrasi aset digital
                         dan  narasi, visualisasi, serta penyusunan  assessment.  Dalam  proses
                         pengembangan ini dilakukan  progress checksecara kontinyu dengan
                         melibatkan penulis storyboard, ahli materi, ahli media, ahli instruksional,
                         dan  programmer  untuk  memastikan  bahwa  materi  sesuai  dengan
                         rancangan yang telah ditetapkan.

                      c.  Produksi master
                         Tahap selanjutnya adalah produksi master, yang secara rinci dapat dilihat
                         pada Gambar 1. Tahapan ini dimulai dengan pembuatan format/design
                         template, simbol-simbol navigasi, pembuatan ilustrasi dan gambar, slide
                         show, animasi, simulasi, pengambilan video, perekaman narasi,  editing
                         audio/video,  dan  pengintegrasian berbagai aset  digital. Pada  tahapan
                         ini juga dilakukanuser acceptance test (UAT), yang bertujuan untuk


                                                                                 223
   228   229   230   231   232   233   234   235   236   237   238