Page 22 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 22

dari segi waktu, tempat, dan juga kecepatan belajar siswa. Perkembangan
                    teknologi dalam PJJ selanjutnya adalah pemanfaatan media audio dua
                    arah. Dalam praktik penyelenggaraan PJJ, komunikasi audio dua arah ini
                    dapat dilakukan melalui telepon, ataupun melalui penyiaran radio secara
                    langsung yang dikombinasikan dengan telepon, atau penggunaan short-
                    wave radio. Pada masanya, teknologi ini cukup populer, dan di Australia
                    misalnya banyak memanfaatkan  short-wave radio untuk PJJ pada level
                    sekolah dasar.
                 d.  Generasi keempat: Model pembelajaran fleksibel.
                    Penggunaan model ini pada dasarnya memanfaatkan berbagai media
                    yang telah dimanfaatkan pada era-era sebelumnya tetapi dilengkapi
                    dengan pemanfaatan internet dan  world-wide-web (www). Interaksi
                    antara guru dan siswa dapat dilakukan secara fleksibel baik secara
                    langsung maupun tidak langsung. Pemanfaatan e-mail adalah bentuk
                    interaksi antara guru dan siswa yang bersifat tidak langsung, artinya guru
                    dan siswa tidak harus berada pada waktu yang bersamaan pada saat
                    melakukan interaksi. Selain itu, dapat pula dilakukan interaksi langsung
                    melalui konferensi online. Model ini memungkinkan pembelajaran jarak
                    jauh menjadi fleksibel karena tidak selalu terkendala dengan masalah
                    waktu, tempat, serta juga kecepatan individu dalam belajar. Walaupun
                    demikian, model ini tidak menghilangkan kesempatan interaksi antara
                    guru dan siswa secara langsung bila dikehendaki.

                 e.  Generasi kelima: Model pembelajaran fleksibel yang Cerdas (The intelligent
                    flexible learning model)
                    Hal yang membedakan model ini dengan model sebelumnya adalah
                    penggunaan teknologi  online yang didalamnya melibatkan basis data
                    serta otomatisasi respon yang dapat diperoleh oleh siswa. Pemanfaatan
                    teknologi dengan basisdata dan otomatisasi respon ini sangat
                    berpengaruh terhadap pelaksanaan administrasi pendidikan dan secara
                    langsung berdampak pada berkurangnya biaya penyelenggaraan
                    pendidikan. Dalam implementasinya, generasi kelima terus menerus
                    berkembang sejalan dengan perkembangan TIK yang luar biasa pesatnya,



                 12
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27