Page 21 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 21

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                         dan siswa.  Taksonomi  teknologi  oleh Simonson,  Smaldion,  &  Albright
                         dimulai dengan pemanfaatan teknologi yang paling sederhana dan cukup
                         bertahan lama, yaitu studi korespondensi. Studi Korespondens dalam
                         pendidikan jarak jauh dilakukan melalui surat yang dikirimkan melalui pos.
                         Sejalan dengan kemajuan teknologi, korespondensi studi menggunakan
                         surat elektronik (email) yang menghubungkan pengajar dan peserta
                         didik secara tidak langsung. Sementara untuk bahan belajarnya, bacaan-
                         bacaan, dan juga tugas-tugas dikirimkan ke peserta didik melalui pos.
                      b.  Generasi kedua: Model multimedia.
                         Penggunaan multimedia dalam pendidikan jarak jauh dimulai pada era
                         tahun 1970-an hingga tahun 1980-an.  Pengertian multimedia pada era
                         tahun  tersebut  adalah pemanfaatan kombinasi  berbagai  jenis media
                         untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kombinasi ini meliputi bahan
                         tercetak, audio-visual, serta bentuk media belajar berbantuan komputer.
                         Pada era ini interaksi antara guru dan siswa dilakukan terbatas melalui
                         surat ataupun melalui telepon. Perkembangan selanjutnya pemanfaatan
                         teknologi dalam PJJ menurut taksonomi Simonson, Smaldion, & Albright
                         (2012) adalah penggunaan media rekaman baik audio maupun video.
                         Penggunaan  kedua  media  ini  dalam  PJJ  biasanya  digunakan  sebagai
                         bahan suplemen atau pengayaan dari materi yang diberikan dalam media
                         cetak, tetapi dapat digunakan sebagai media yang dapat menyampaikan
                         materi secara utuh. Pada masa lalu bentuk rekaman audio dan video ini
                         dikemas dalam bentuk kaset audio atau video, tetapi teknologi saat ini
                         telah memungkinkan pengemasan dalam format yang lebih berkualitas
                         seperti audio CD, atau file MPG audio yang dikenal dengan sebutan
                         educational podcast, atau dalam bentuk format DVD.

                      c.  Generasi ketiga: Model tele-learning.
                         Pada era ini, pendidikan jarak jauh telah dilakukan dengan menggunakan
                         interaksi langsung baik melalui audio maupun video konferensi. Biasanya
                         model ini dikombinasikan dengan penggunaan media audio-visual
                         dengan telepon. Dengan pemanfaatan media telekonferensi ini maka
                         proses pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi fleksibel lagi terutama



                                                                                  11
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26