Page 20 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 20
perjanjian antara penyedia dan pengguna (http://www.mmiweb.org.uk/
mtl/web30.html).
4. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi di Sektor
Pendidikan
Pemanfaatan TIK dalam pendidikan dapat pula dikonotasikan sebagai media
pembelajaran. Dalam hal ini pemanfaatan TIK khususnya dalam pendidikan
jarak jauh (PJJ) juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Simonson,
Smaldion, dan Albright (2012) mengemukakan taksonomi teknologi dalam
pendidikan jarak jauh terdiri dari: korespondensi, media rekaman (rekaman
audio dan video), audio dua arah, audio dua arah dengan grafik, video satu
arah, audio dua arah-video satu arah, audio-video dua arah, komputer-
audio/video dua arah. Taksonomi teknologi dalam pendidikan jarak jauh
dari Simonson, Smaldion, dan Albright (2012) merupakan taksonomi yang
didasarkan pada teori komunikasi, yaitu yang terkait dengan bagaimana
komunikasi akan terjadi dan bagaimana dapat menyampaikan proses belajar
yang efektif dan efisien. Sementara Taylor (2000) membedakan pemanfaatan
teknologi dalam pendidikan jarak jauh dalam lima generasi perubahan yang
lebih bersifat umum yaitu: model korespondensi, model multimedia, model
tele-learning, model pembelajaran fleksibel, dan model pembelajaran fleksibel
yang cerdas (the intelligent flexible learning model). Pendekatan pemanfaatan
teknologi oleh Simonson, Smaldion, & Albright(2012) serta Taylor (2000)
memiliki kesamaan.
a. Generasi pertama: Model korespondensi.
Pemanfaatan media korespondensi merupakan media yang digunakan
dalam pendidikan jarak jauh pada era tahun 1970-an. Model pendidikan
jarak jauh dengan menggunakan model korespondensi ini dilakukan
dengan cara mengirimkan bahan belajar tercetak melalui pos. Hal ini
terutama dilakukan dengan adanya kendala waktu, jarak, ataupun juga
kecepatan belajar siswa yang berbeda. Sementara yang menjadi kendala
dalam penggunaan model ini adalah keterbatasan interaksi antara guru
10