Page 20 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 20

perjanjian antara penyedia dan pengguna (http://www.mmiweb.org.uk/
                    mtl/web30.html).



                 4.  Pemanfaatan  Teknologi Informasi dan komunikasi di Sektor
                    Pendidikan
                 Pemanfaatan TIK dalam pendidikan dapat pula dikonotasikan sebagai media
                 pembelajaran. Dalam hal ini pemanfaatan TIK khususnya dalam pendidikan
                 jarak jauh (PJJ) juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Simonson,
                 Smaldion,  dan  Albright (2012) mengemukakan taksonomi teknologi dalam
                 pendidikan jarak jauh terdiri dari: korespondensi, media rekaman (rekaman
                 audio dan video), audio dua arah, audio dua arah dengan grafik, video satu
                 arah, audio dua arah-video satu arah, audio-video dua arah, komputer-
                 audio/video dua arah.  Taksonomi teknologi dalam pendidikan jarak jauh
                 dari  Simonson, Smaldion, dan Albright (2012)  merupakan  taksonomi  yang
                 didasarkan pada teori komunikasi, yaitu yang terkait dengan bagaimana
                 komunikasi akan terjadi dan bagaimana dapat menyampaikan proses belajar
                 yang efektif dan efisien. Sementara Taylor (2000) membedakan pemanfaatan
                 teknologi dalam pendidikan jarak jauh dalam lima generasi perubahan yang
                 lebih bersifat umum yaitu:  model korespondensi, model multimedia, model
                 tele-learning, model pembelajaran fleksibel, dan model pembelajaran fleksibel
                 yang cerdas (the intelligent flexible learning model). Pendekatan pemanfaatan
                 teknologi oleh Simonson,  Smaldion,  &  Albright(2012) serta  Taylor (2000)
                 memiliki kesamaan.
                 a.  Generasi pertama: Model korespondensi.

                    Pemanfaatan media korespondensi merupakan media yang digunakan
                    dalam pendidikan jarak jauh pada era tahun 1970-an. Model pendidikan
                    jarak jauh dengan menggunakan model korespondensi ini dilakukan
                    dengan cara mengirimkan bahan belajar tercetak melalui pos. Hal ini
                    terutama dilakukan dengan adanya kendala waktu, jarak, ataupun juga
                    kecepatan belajar siswa yang berbeda. Sementara yang menjadi kendala
                    dalam penggunaan model ini adalah keterbatasan interaksi antara guru




                 10
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25