Page 433 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 433

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



           kelompok belajar,  semangat belajar mereka bertambah,  informasi
           tentang  UT  menjadi  lancar  dan  peserta  dapat  saling  mengenal
           sebagai  sesama  mahasiswa  UT  (Wahyono,  Paket  C,  1985).
           Kelompok belajar juga dapat memberikan efek psikologis tertentu.
           Para  mahasiswa  UT  pun  memiliki  komunitas  tersendiri  yang
           memungkinkan  para  anggotanya  melakukan  interaksi  secara
           akrab.  Oleh  karena  itu,  perlu  dilakukannya  pembinaan  terhadap
           kelompok  belajar  yang  sudah  terbentuk  agar  kelompok  belajar
           tersebut  dapat  tetap  eksis  dan  dapat  memberi  manfaat  kepada
           para anggotanya.
                  Tulisan  ini  bertujuan  untuk  mendokumentasikan  dan
           menyebarluaskan  pengalaman  UT  dalam  membentuk  dan
           membina kelompok belajar.


           A.  Pengertian dan Sifat Kelompok Belajar

                  Pada  awalnya  kelompok  belajar  diartikan  sebagai
           kumpulan  mahasiswa  yang  berjumlah  antara  5 sampai  20  orang
           yang  belajar  bersama  untuk  memecahkan  kesulitan-kesulitan
           dalam  memahami  materi  pelajaran  agar  dapat  mencapai  hasil
           yang optimal dalam  studi  atau  ujian  (Paket A 1986).  Tetapi dalam
           perkembangannya,  pengertian kelompok belajar tidak dibatasi lagi
           oleh  jumlah  peserta.  Dalam  Pedoman  Kegiatan  Kemahasiswaan
           dan  Alumni (2003),  kelompok  belajar diartikan  sebagai  kumpulan
           mahasiswa  yang  belajar  bersama  untuk  memecahkan  kesulitan-
           kesulitan  dalam  memahami  bahan  ajar.  Batasan  jumlah  peserta
           tidak  dicantumkan  lagi  karena  banyak  kelompok  belajar  yang
           jumlah  pesertanya  lebih  dari  20  orang.  Kelompok  belajar  yang
           mempunyai  anggota  lebih  dari  20  orang,  umumnya  membagi  diri
           lagi  kedalam  sub-sub  kelompok  belajar.  Sub-sub  kelompok  ini
           tetap dikoordinasikan oleh  pengurus kelompok belajar.





                                                                  427
   428   429   430   431   432   433   434   435   436   437   438