Page 432 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 432

Adnan,  Pembinaan Kelompok Belajar



                Tuntutan  untuk  belajar  mandiri  ternyata  menimbulkan
         kesulitan  bagi sebagian mahasiswa.  Masalah yang sering  muncul
         antara  lain  kebingungan  menentukan  mata  kuliah  yang  akan
         diambil  pada  semester  pertama,  kesulitan  dalam  mempelajari
         modul,  tidak  tahu  harus  menghubungi  siapa  jika  mempunyai
         masalah,  dan  timbulnya  perasaan  "sendiri  atau  terasing"
         (Wahyono,  Paket  C  1985).  Oleh  karena  itu,  penyelenggara
         pendidikan jarak jauh tidak dapat melepaskan diri  begitu saja dari
         kewajiban menyediakan layanan bantuan belajar bagi mahasiswa.
         Mereka  wajib  menyediakan  layanan  bantuan  belajar,  walaupun
         mahasiswa yang memanfaatkan layanan tersebut sedikit.
                Layanan  bantuan  belajar yang  diberikan oleh  UT kepada
         mahasiswa  terdiri  dari  layanan  informasi  dan  konsultasi,  layanan
         administrasi  akademik,  dan  layanan  akademik  (Puspitasari,
         2002).  Layanan  informasi  dan  konsultasi  biasanya  berkaitan
         dengan  program  studi,  kurikulum,  pemilihan  mata  kuliah,  sistem
         alih  kredit,  biaya  studi,  dan  sebagainya.  Layanan  administrasi
         akademik  difokuskan  pada  penyelesaian  masalah  mahasiswa
         yang  berkaitan  dengan  registrasi,  penyediaan  bahan  ajar,  ujian,
         dan  akses  terhadap  data  akademik.  Layanan  akademik
         difokuskan  pada  layanan  tutorial  untuk  membantu  mahasiswa
         memahami bahan ajar dan  layanan pembinaan  kelompok belajar.
         Layanan  tutorial  diberikan  secara  tatap  muka  dan  jarak  jauh
         melalui  surat-menyurat,  surat  kabar,  radio,  televisi,  dan  internet.
         Layanan  pembinaan  kelompok  belajar  masih  terbatas  pada
         usaha-usaha  pembentukan  kelompok  belajar  dan  peningkatan
         daya  nalar  mahasiswa.  Kelompok  belajar  umumnya  diinisiasi
         pada  saat  Orientasi  Studi  Mahasiswa  Baru  (OSMB)  di  Unit
         Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ).
                Pembentukan  kelompok  belajar  sebagai  salah  satu
         layanan  bantuan  belajar  dari  UT  sangat  dirasakan  manfaatnya
         oleh  mahasiswa.  Mereka  berpendapat  bahwa  dengan  adanya



        426
   427   428   429   430   431   432   433   434   435   436   437