Page 166 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 166

Seperti  telah  dibahas  sepintas  pada  nilai  tutorial,  kontribusi

                                             nilai  UAS  terhadap  nilai  akhir  mata  kuliah  pada  Program
                                             Diploma  dan  Program  Sarjana  bergantung  dari  ada  tidaknya

                                             nilai  pendukung,  seperti  nilai  TM,  tugas  TTM,  Tutis,  dan  Tuton
                                             serta  praktek/praktikum.  Jika  tidak  ada  nilai  pendukung,  maka

                                             nilai UAS menjadi nilai akhir mata kuliah (100%).
                                                 Bentuk format UAS terdiri atas tes (objektif dan uraian) serta

                                             uji  kinerja,  termasuk  portofolio.  Pada  awal  berdirinya,  UT
                                             menetapkan  bentuk  ujian  dengan  format  yang  mudah  diproses

                                             dengan  bantuan  komputer,  seperti  halnya  ujian  nasional  untuk
                                             masuk  perguruan  tinggi,  yaitu  bentuk  tes  objektif  mengingat

                                             ujian  UT  bersifat  massal.  Penentuan  bentuk  tes  uraian  atau
                                             objektif,  untuk  mengukur  suatu  mata  kuliah,  ditentukan  oleh

                                             aspek akademis dan manajemen. Aspek akademis mengacu pada
                                             karakteristik  materi  pembelajaran  dan  kemampuan  yang  diukur.

                                             Aspek  manajemen  mengacu  pada  kemampuan  sumber  daya  dan
                                             pengelolaan,  seperti  pemeriksaan  dan  pengolahan  hasil  ujian.

                                             Pertimbangan  kedua  aspek  tersebut  dimaksudkan  untuk  menja-
                                             min kualitas layanan UT, antara lain dalam hal ketepatan waktu

                                             pengumuman hasil ujian dan keakuratan penilaian hasil ujian.
                                                 Pada  tahun-tahun  pertama,  jumlah  soal  objektif  dari  suatu

                                             mata  kuliah  ditentukan  berdasarkan  karakteristik  materi  dan
                                             jumlah  satuan  kredit  semester  (sks)  mata  kuliah,  misalkan  30

                                             butir  untuk  soal  hitungan  dan  60  –  90  butir  soal  untuk  mata
                                             kuliah  antara  2-4  sks.    Setelah  melalui  serangkaian  kajian  pada

                                             tahun 2004, maka pada tahun 2005 ditetapkan SK Rektor UT No.
                                             268/J3/KEP/2004  tentang  Jumlah  Butir  Soal,  sebagaimana  ter-

                                             cantum pada Tabel 1.




                                             142
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171