Page 169 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 169
an kelulusan dan IPK (indeks prestasi kumulatif) cukup tinggi.
Materi TAP diambil dari beberapa mata kuliah inti pada
program studi yang bersangkutan. Proses berpikir yang diukur
biasanya proses berpikir tinggi dengan pendekatan pemecahan
masalah. Oleh karena itu, TAP selalu diberikan dalam bentuk
ujian uraian.
Tugas akhir program merupakan serangkaian tugas berben-
tuk permasalahan, kasus, ataupun pertanyaan yang diangkat
dari suatu permasalahan yang harus dipecahkan. TAP merupa-
kan perkembangan dari Ujian Komprehensif Tertulis (UKT),
yang tadinya diberlakukan di UT. Perubahan ini merupakan
upaya untuk penyempurnaan aspek yang diukur untuk suatu
program. UKT dikembangkan pada akhir tahun akademik
keempat (1988/1989), sebagai upaya terakhir untuk menguji
pengetahuan mahasiswa dalam bidang studi yang dipelajarinya,
berbentuk tes uraian (karena umumnya UAS berbentuk pilihan
ganda). UKT dimaksudkan untuk mendapatkan kepastian bahwa
mahasiswa yang sudah lulus UAS akan menguasai pengetahuan
pada bidangnya. Perbedaan antara UKT dan TAP adalah UKT
berupa soal uraian dengan materi bahan uji lebih dari satu mata
kuliah dan aspek keterampilan berpikir yang diukur lebih dari
pemahaman sedangkan TAP berupa soal uraian berbasis
permasalahan/kasus dan aspek keterampilan berpikir yang
diukur adalah pemecahan permasalahan/kasus dengan meng-
gunakan pemahaman yang diperoleh dari berbagai mata kuliah
yang telah ditempuh. TAP mulai digunakan pada beberapa
program studi pada tahun 2004 akhir. Pada tahun 2005 awal,
TAP digunakan untuk semua program studi di UT sebagai
pengganti UKT.
145