Page 164 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 164

an kepada para pesertanya untuk menjalani proses belajar yang

                                             lebih  terarah  dan  terprogram.  Dalam  tutorial  ini  pesertanya
                                             diberi  tugas  yang  akan  dinilai  oleh  tutor.  Nilai  yang  diperoleh

                                             memberikan kontribusi terhadap nilai UAS.
                                                 Kebijakan memberikan kontribusi penilaian tutorial terhadap

                                             nilai  mata  kuliah  ini  selanjutnya  diberlakukan  untuk  modus
                                             tutorial lain, yaitu untuk modus tutorial elektronik (Tutel), yang

                                             juga  dimulai  pada  tahun  2000,  dengan  kontribusi  nilai  sebesar
                                             10%.  Sejak  tahun  2004,  istilah  tutorial  elektronik  diganti

                                             menjadi  tutorial  online  (Tuton).  Tugas  tutorial  untuk  modus
                                             tutorial  tertulis  (Tutis)  mulai  berkontribusi  terhadap  nilai  akhir

                                             pada  tahun  2005,    sebesar  15%.  Pada  tahun  yang  sama,  kontri-
                                             busi tugas tutorial diubah menjadi 30% untuk TTM, dan masing-

                                             masing  sebesar  15%  untuk  Tutis  dan  Tuton.  Mahasiswa  diberi
                                             kesempatan untuk mengikuti semua modus tutorial, namun nilai

                                             tugas  tutorial  yang  akan  diperhitungkan  dalam  penilaian  mata
                                             kuliah  adalah  nilai  tertinggi  dari  dua  modus  tutorial  yang  di-

                                             ikuti.  Nilai  tutorial  berasal  dari  kehadiran/kunjungan/interaksi
                                             dan  keaktifan  mahasiswa  serta  nilai  dari  tugas  yang  dikerja-

                                             kannya.    Mahasiswa  umumnya  diminta  untuk  mengerjakan  3
                                             tugas  tutorial,  yang  akan  dinilai  dan  diberi  umpan  balik  oleh

                                             tutor  masing-masing.    Seperti  juga  nilai  TM,  nilai  TTM,  Tutis,
                                             dan  Tuton  tidak  mutlak  harus  ada.    Berbeda  dengan  Program

                                             Diploma  dan  Sarjana,  nilai  TTM  dan  Tuton  pada  Program
                                             Pascasarjana  merupakan  satu  kesatuan  yang  bersifat  mutlak,

                                             yaitu  menyumbang  60%  terhadap  nilai  mata  kuliah.  Dengan
                                             demikian, apabila mahasiswa tidak mengikuti kegiatan TTM dan

                                             Tuton,  maka  nilai  akhir  mata  kuliahnya  hanya  akan  diper-
                                             hitungkan 40% dari nilai UAS.



                                             140
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169