Page 163 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 163

tidak  mutlak  harus  ada  dan  berlaku  untuk  satu  semester.

                                             Apabila  mahasiswa  tidak  mengirimkan  jawaban  TM,  maka  nilai
                                             mata  kuliah  bersumber  dari  UAS  dan  nilai  pendukung  lain,  jika

                                             ada, misalnya nilai praktik.
                                                 Memperhatikan  dukungan  sumber  daya  yang  ada  di  UT,

                                             beban  kegiatan  staf  akademik,  waktu  pemrosesan  nilai  dan
                                             karakteristik  modus  ujiannya,  pada  awal  tahun  2006,  TM  yang

                                             berbentuk  tes  uraian  tidak  digunakan  lagi  sebagai  salah  satu
                                             komponen  pendukung  nilai  mata  kuliah,  namun  berubah  fungsi

                                             menjadi  latihan  mandiri.    Pada  awal  tahun  2007,  semua  Tugas
                                             Mandiri  diubah  fungsinya  menjadi  Latihan  Mandiri,  yaitu

                                             serangkaian  tugas  sebagai  tambahan  latihan  bagi  mahasiswa
                                             untuk  meningkatkan pemahamannya  terhadap  materi  yang  telah

                                             dipelajari.    Latihan  Mandiri  tidak  dinilai,  sehingga  bukan  meru-
                                             pakan  salah  satu  komponen  pendukung  terhadap  nilai  akhir

                                             mata kuliah.
                                                 Tugas  Tutorial.  Tugas  tutorial  diberikan  kepada  mahasiswa

                                             untuk  setiap  modus  tutorial.    Modus  tutorial  yang  pertama  kali
                                             dikembangkan  oleh  UT  adalah  tutorial  tatap  muka  (TTM),  yang

                                             pada  awalnya  tidak  memiliki  kontribusi  terhadap  nilai  akhir
                                             mata kuliah.  Sejak tahun 1990, tutorial disediakan untuk maha-

                                             siswa  program  D2  PGSD,  tetapi  tugas  yang  diberikan  pada  saat
                                             tutorial  belum  memiliki  kontribusi  nilai  terhadap  nilai  akhir

                                             mata  kuliah.  Tugas  tutorial  yang  memiliki  kontribusi  terhadap
                                             nilai  akhir  mata  kuliah  baru  diberlakukan  mulai  tahun  2000,

                                             sejak  diselenggarakannya  Tutorial  Tatap  Muka  Rancangan
                                             Khusus  (TTRMK)  di  hampir  setiap  UPBJJ-UT.  Sejak  tahun  2005,

                                             istilah  TTRMK  diganti  menjadi  tutorial  tatap  muka  (TTM).
                                             Layanan  tutorial  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan  kesempat-



                                                                                                                    139
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168