Page 163 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 163
tidak mutlak harus ada dan berlaku untuk satu semester.
Apabila mahasiswa tidak mengirimkan jawaban TM, maka nilai
mata kuliah bersumber dari UAS dan nilai pendukung lain, jika
ada, misalnya nilai praktik.
Memperhatikan dukungan sumber daya yang ada di UT,
beban kegiatan staf akademik, waktu pemrosesan nilai dan
karakteristik modus ujiannya, pada awal tahun 2006, TM yang
berbentuk tes uraian tidak digunakan lagi sebagai salah satu
komponen pendukung nilai mata kuliah, namun berubah fungsi
menjadi latihan mandiri. Pada awal tahun 2007, semua Tugas
Mandiri diubah fungsinya menjadi Latihan Mandiri, yaitu
serangkaian tugas sebagai tambahan latihan bagi mahasiswa
untuk meningkatkan pemahamannya terhadap materi yang telah
dipelajari. Latihan Mandiri tidak dinilai, sehingga bukan meru-
pakan salah satu komponen pendukung terhadap nilai akhir
mata kuliah.
Tugas Tutorial. Tugas tutorial diberikan kepada mahasiswa
untuk setiap modus tutorial. Modus tutorial yang pertama kali
dikembangkan oleh UT adalah tutorial tatap muka (TTM), yang
pada awalnya tidak memiliki kontribusi terhadap nilai akhir
mata kuliah. Sejak tahun 1990, tutorial disediakan untuk maha-
siswa program D2 PGSD, tetapi tugas yang diberikan pada saat
tutorial belum memiliki kontribusi nilai terhadap nilai akhir
mata kuliah. Tugas tutorial yang memiliki kontribusi terhadap
nilai akhir mata kuliah baru diberlakukan mulai tahun 2000,
sejak diselenggarakannya Tutorial Tatap Muka Rancangan
Khusus (TTRMK) di hampir setiap UPBJJ-UT. Sejak tahun 2005,
istilah TTRMK diganti menjadi tutorial tatap muka (TTM).
Layanan tutorial ini dimaksudkan untuk memberikan kesempat-
139