Page 161 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 161
Evaluasi hasil belajar (EHB) diberikan setelah mahasiswa
menyelesaikan pembelajaran. EHB bertujuan untuk mengetahui
tingkat pencapaian hasil belajar guna memberikan umpan balik
terhadap perkembangan pembelajaran sehingga dapat diguna-
kan untuk memperbaiki diri (evaluasi formatif) atau untuk
memberikan nilai (evaluasi sumatif). Di UT, Evaluasi yang ber-
tujuan untuk memperbaiki diri terdapat di dalam bahan ajar
cetak, yang disebut Tes Formatif. Evaluasi yang bertujuan untuk
memberikan nilai terdiri dari Tugas Mandiri (TM), Tugas
Tutorial, Praktik, Praktikum, Ujian Akhir Semester (UAS), dan
Tugas Akhir Program (TAP).
Tugas Mandiri (TM). TM merupakan ujian tengah semester,
yaitu tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa secara mandiri
tanpa diawasi. TM diadakan untuk memacu proses belajar
mahasiswa dan dapat dikerjakan oleh para mahasiswa di rumah
masing-masing tanpa pengawasan. Sebelum mengerjakan TM,
baik secara individu maupun berkelompok, mahasiswa diharap-
kan telah mempelajari materi kuliah (sejak awal masa
registrasi). Materi yang diujikan dalam TM mencakup 50% dari
materi bahan ajar yang disajikan dalam buku materi pokok
(BMP = Modul). TM untuk semua mata kuliah pada awalnya
berbentuk tes objektif pilihan ganda. Pada tahun 1996, bentuk
TM dari beberapa mata kuliah diubah menjadi tes uraian,
disesuaikan dengan karakteristik materi dan aspek yang diukur
pada mata kuliah tersebut. Pada awalnya TM diberlakukan
sebagai ujian tengah semester, sehingga disediakan pada setiap
Buku Materi Pokok (BMP). Naskah TM beserta Lembar Jawaban
Tugas Mandiri (LJTM) dapat diperoleh pada BMP mata kuliah
atau diperoleh di UPBJJ-UT pada waktu mahasiswa menyerah-
137