Page 161 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 161

Evaluasi  hasil  belajar  (EHB)  diberikan  setelah  mahasiswa

                                             menyelesaikan pembelajaran.  EHB bertujuan untuk mengetahui
                                             tingkat  pencapaian  hasil  belajar  guna  memberikan  umpan  balik

                                             terhadap  perkembangan  pembelajaran  sehingga  dapat  diguna-
                                             kan  untuk  memperbaiki  diri  (evaluasi  formatif)  atau  untuk

                                             memberikan nilai (evaluasi sumatif).  Di UT, Evaluasi yang ber-
                                             tujuan  untuk  memperbaiki  diri  terdapat  di  dalam  bahan  ajar

                                             cetak, yang disebut Tes Formatif. Evaluasi yang bertujuan untuk
                                             memberikan  nilai  terdiri  dari  Tugas  Mandiri  (TM),  Tugas

                                             Tutorial,  Praktik,  Praktikum,  Ujian  Akhir  Semester  (UAS),  dan
                                             Tugas Akhir Program (TAP).

                                                 Tugas  Mandiri  (TM).  TM  merupakan  ujian  tengah  semester,
                                             yaitu  tugas  yang  dikerjakan  oleh  mahasiswa  secara  mandiri

                                             tanpa  diawasi.    TM  diadakan  untuk  memacu  proses  belajar
                                             mahasiswa  dan  dapat  dikerjakan  oleh  para  mahasiswa  di  rumah

                                             masing-masing  tanpa  pengawasan.  Sebelum  mengerjakan  TM,
                                             baik  secara  individu  maupun  berkelompok,  mahasiswa  diharap-

                                             kan  telah  mempelajari  materi  kuliah  (sejak  awal  masa
                                             registrasi).  Materi  yang  diujikan  dalam  TM  mencakup  50%  dari

                                             materi  bahan  ajar  yang  disajikan  dalam  buku  materi  pokok
                                             (BMP  =  Modul).    TM  untuk  semua  mata  kuliah  pada  awalnya

                                             berbentuk  tes  objektif  pilihan  ganda.    Pada  tahun  1996,  bentuk
                                             TM  dari  beberapa  mata  kuliah  diubah  menjadi  tes  uraian,

                                             disesuaikan  dengan  karakteristik  materi  dan  aspek  yang  diukur
                                             pada  mata  kuliah  tersebut.  Pada  awalnya  TM  diberlakukan

                                             sebagai  ujian  tengah  semester,  sehingga  disediakan  pada  setiap
                                             Buku  Materi  Pokok  (BMP).  Naskah  TM  beserta  Lembar  Jawaban

                                             Tugas  Mandiri  (LJTM)  dapat  diperoleh  pada  BMP  mata  kuliah
                                             atau  diperoleh  di  UPBJJ-UT  pada  waktu  mahasiswa  menyerah-



                                                                                                                    137
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166