Page 157 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 157
layanan belajar, khususnya tutorial yang lebih terstruktur dan
terorganisasi secara lebih baik. UT mulai memperhitungkan
kontribusi proses belajar melalui kegiatan tutorial yang diikuti
mahasiswa terhadap nilai akhir yang akan mereka peroleh.
Kontribusi ini besarnya bergantung pada tingkat pengawasan
yang dapat dilakukan. Semakin tinggi tingkat pengawasan
terhadap proses belajar melalui tutorial ini maka semakin tinggi
pula bobot nilai yang berkontribusi terhadap nilai akhir.
Sehubungan dengan hal tersebut, UT dengan segala macam cara
berupaya untuk meningkatkan kualitas proses penyelenggaraan
tutorial. Upaya ini tidak boleh berhenti untuk mencapai visi
UT yaitu : “menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi
jarak jauh (PJJ) unggulan di antara institusi PJJ di Asia
tahun 2010 dan di Dunia tahun 2020”.
Daftar Pustaka
Belawati, T. (2000). Prinsip-prinsip Pengelolaan Pendidikan
Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: PAU-PPAI Universitas
Terbuka.
Huda, N., Padmo D. & Kurniati, S. (2000). Tutorial Radio Lokal:
Persepsi serta Kesediaan Pengelola UT dan Stasiun Radio
Lokal. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 1(2), hal.
53-63.
Setijadi. (1992). Memorandum Akhir Jabatan Rektor Universitas
Terbuka (Periode 1984-1988/1988-1992). Universitas Terbu-
ka. Makalah yang tidak dipublikasikan.
134