Page 155 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 155

akan  semakin  intensif  sejalan  dengan  perkembangan  teknologi

                                             komputer
                                                 Penggunaan  media  berbantuan  komputer  selain  digunakan

                                             sebagai media penyampai bahan ajar juga mulai digunakan oleh
                                             UT  sebagai  media  bantuan  belajar.  Bantuan  belajar  online

                                             dipergunakan  untuk  mengatasi  masalah  jarak  dan  waktu.  UT
                                             Online  seperti  yang  telah  dijelaskan  sebelumnya  memiliki

                                             berbagai     fasilitas   yang    mempermudah        mahasiswa      dalam
                                             mengikuti  pendidikannya  di  UT  yang  salah  satunya  melalui

                                             layanan  tutorial  online.  Hingga  tahun  2005,  mata  kuliah  yang
                                             telah  memberikan  layanan  tutorial  berjumlah  330  mata  kuliah

                                             dengan  jumlah  tutor  yang  sudah  terlatih  sebanyak  463  orang.
                                             Kehadiran  tutor  melalui  UT  online  diharapkan  dapat  membantu

                                             proses  belajar  mahasiswa  kapan  pun  mereka  membutuhkan.
                                             Media  online  dirasakan  tepat  untuk  digunakan  sebagai  sarana

                                             bantuan  belajar  pada  sistem  belajar  jarak  jauh.  Keragaman
                                             karakteristik  dan  kebutuhan  mahasiswa  dalam  berkomunikasi

                                             dan  berinteraksi  dengan  tutor  merupakan  salah  satu  karak-
                                             teristik  dominan  dari  mahasiswa  UT.  Media  ini  memungkinkan

                                             kemampuan  untuk  melakukan  komunikasi  baik  secara  personal
                                             maupun      secara    kolektif,    sehingga     dapat    lebih   optimal

                                             memenuhi  karakteristik  tersebut.  Tabel  3,  menunjukkan  jumlah
                                             mata  kuliah,  jumlah  tutor,  dan  jumlah  tutor  yang  mengakses

                                             tutorial online yang ditawarkan oleh UT.










                                             132
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160