Page 156 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 156
Tabel 3 Rekapitulasi Data Pelaksanaan Tutorial Online 2005.2
Jumlah Akses
Fakultas Jml MK Jml mhs Jml tutor
Mhs tutor
FMIPA 70 369 68 2803 8943
FEKON 49 5473 72 57277 32289
FISIP 108 5615 131 50021 36049
FKIP 78 1237 80 5809 13134
MAP 12 122 61 12641 5885
MM 13 198 51 18615 9427
TOTAL 330 13014 463 147166 105727
Sumber : http://student.ut.ac.id/mod/statut
Data pada Tabel 3, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan
tutorial online program pascasarjana baik untuk program
Magister Administrasi Publik (MAP) maupun Magister Mana-
jemen (MM), jumlah mahasiswa yang berpartisipasi cukup
tinggi. Hal ini terjadi karena pada program pascasarjana,
tutorial online merupakan tutorial yang wajib diikuti oleh
mahasiswa dan merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan
tutorial tatap muka. Sementara tutorial online pada program
diploma ataupun sarjana tidak diwajibkan.
Penutup
Upaya yang tidak pernah berhenti untuk memberikan
layanan terbaik kepada mahasiswa merupakan wujud komitmen
UT kepada bangsa dan negara untuk mencerdaskan anak
bangsa. Kontrol terhadap proses belajar mahasiswa UT yang
sempat diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa tidak dapat
lagi dipertahankan. UT dari waktu ke waktu mencoba untuk
memperbaiki bantuannya dalam proses belajar yang dialami
oleh mahasiswa. Bantuan ini diwujudkan pada pemberian
133