Page 170 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 170

Pengembangan Alat Evaluasi Hasil
                                             Belajar


                                                 Pengembangan  soal  dilakukan  di  bawah  koordinasi  fakultas.
                                             Sebelum  tahun  2005,  pengembangan  soal  di  fakultas  diko-

                                             ordinasikan  oleh  Unit  Pengembangan  Soal  (UPS)  fakultas,  yang

                                             dikenal  juga  sebagai  bank  soal  fakultas.  Sejak  tahun  2005
                                             pengembangan  soal  dilakukan  oleh  program  studi/jurusan
                                             masing-masing di bawah tanggung jawab Pembantu Dekan I.

                                                 Setiap  soal  UAS  dikembangkan  berdasarkan  kisi-kisi  soal.

                                             Kisi-kisi  tersebut  berisi  informasi  tentang  kompetensi  yang
                                             diukur  dan  indikator  soal,  ragam  soal,  ranah  dan  jenjang
                                             kemampuan  berpikir  yang  diukur.    Kisi-kisi  ditulis,  ditelaah,

                                             dan  dikembangkan  oleh  dosen  ahli  pada  bidangnya,  yang

                                             berasal  dari  UT  atau  perguruan  tinggi  terkemuka  lain  yang
                                             memenuhi  persyaratan.  Kisi-kisi  merupakan  pedoman  atau
                                             acuan  pengembangan  soal  agar  soal  yang  dihasilkan  sesuai

                                             dengan tujuan mata kuliah, valid, dan reliabel.

                                                 Untuk  kepentingan  bank  soal  UT,  setiap  soal  dikembangkan
                                             sebanyak  10  butir  paralel.    Penulis  soal  adalah  dosen  UT  atau
                                             dosen  yang  berasal    dari  perguruan  tinggi  lain  yang  memenuhi

                                             kriteria  yang  ditentukan,  seperti  berlatar  belakang  bidang  studi

                                             yang  relevan,  paling  sedikit  memiliki  jenjang  kepangkatan
                                             Lektor  untuk  dosen  yang  masih  S1  dan  asisten  ahli  untuk
                                             mereka  yang  sudah  memiliki  S2/S3.    Sebelum  mengembangkan

                                             soal, para  penulis soal mengikuti pelatihan agar dapat  memiliki

                                             pemahaman dan kesamaan persepsi tentang ketentuan penulisan
                                             butir soal untuk mata kuliah di UT.







                                             146
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175