Page 58 - bnbb_301_r
P. 58
JENDELA LITERASI GENERASI BANGSA
Clay dan Ferguson dalam Kemendikbud (2016) menyatakan
70
bahwa literasi informasi terdiri dari beberapa komponen , diantaranya:
1. Literasi Dini
Kemampuan untuk menyimak bahasa lisan, serta berkomunikasi
melalui gambar dan lisan yang dibentuk oleh pengalaman
berinteraksi dengan lingkungan sosial. Bahasa ibu merupakan
landasan utama bagi perkembangan literasi dini dan literasi
dasar.
2. Literasi Dasar
Kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca,
menulis, dan menghitung terkait kemampuan analisis untuk
memperhitungkan, mempersepsikan informasi, mengkomuni-
kasikan, serta menggambarkan informasi berdasarkan pema-
haman dan pengambilan kesimpulan pribadi.
3. Literasi Perpustakaan
Kemampuan memberikan pemahaman cara membedakan
bacaan fiksi dan nonfiksi, memanfaatkan koleksi referensi
dan periodikal, memahami Dewey Decimal System
sebagai klasifikasi pengetahuan yang memudahkan dalam
memanfaatkan perpustakaan, memahami penggunaan katalog
dan pengindeksan, hingga kemampuan memahami informasi
ketika sedang menyelesaikan sebuah tulisan, penelitian,
pekerjaan, atau mengatasi masalah.
4. Literasi Media
Kemampuan memahami dan menggunakan berbagai bentuk
media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik
(radio dan televisi), serta ragam media komunikasi dan media
sosial digital internet, termasuk memahami manfaat dan tujuan
penggunaannya.
5. Literasi Teknologi
Kemampuan memahami kelengkapan teknologi seperti hardware,
software, serta etika dalam menggunakan perangkat teknologi.
Literasi teknologi juga meliputi kemampuan dalam pemanfaatan
teknologi seperti mencetak, mempresentasikan, dan mengakses
internet, termasuk juga literasi komputer, yaitu kemampuan
dalam menghidupkan dan mematikan komputer, menyimpan dan
mengelola data, serta mengoperasikan program perangkat lunak.
70 Retnaningdyah, Pratiwi, dkk., Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar, Jakarta, Kemendikbud,
2020, h. 11-12.
44