Page 223 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 223

juga mempengaruhi jumlah emisi polutan yang terkonsentrasi
                    pada area tertentu. Emisi polutan yang keluar dari kendaraan juga
                    sangat tergantung dari banyak faktor seperti kualitas bahan bakar
                    (seperti perbedaan kandungan sulfur, kandungan timbal (Pb), sulfur

                    merkaptan, aromatic, dan benzene), faktor pemeliharaan kendaraan
                    yang kurang memadai dan bahkan banyak kendaraan yang minim
                    akan perawatan dan faktor putaran mesin. Semua faktor ini akan
                    menentukan konsentrasi jenis polutan yang akan dikeluarkan oleh
                    kendaraan seperti SO , NOx dan CO.
                                        2
                          Kebijakan  fiskal  dalam  bentuk  pajak    bahan  bakar  paling
                    banyak digunakan di banyak negara untuk mengurangi emisi gas
                    rumah kaca dan polutan. Kebijakan ini akan mengurangi jumlah
                    perjalanan dalam jangka pendek karena adanya kenaikan harga
                    bahan  bakar,  tetapi  dalam  jangka  panjang  akan  berdampak
                    terhadap pola konsumsi karena adanya pilihan-pilihan kendaraan
                    yang  hemat bahan bakar  dan  bahkan  muncul  teknologi  bersih
                    seperti kendaraan yang menggunakan energi baterai (Electrical
                    Vehicle).  Hal  ini  disebabkan  karena  elastisitas  permintaan  dari
                    bahan bakar  yang bersifat dalam jangka pendek dan inelstis dalam
                    jangka Panjang. Pajak bahan bakar (exercise duty) di banyak negara
                    Eropa relatif lebih rendah dan pajak tersebut terus dinaikkan secara
                    bertahap.  Contohnya  seperti  Jerman  menggunakan  terminologi
                    pajak lingkungan dan dinaikkan secara bertahap pada periode 5
                    tahun setelah itu diadakan penyesuaian .
                                                                                           IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
                    Model Negara Eropa:
                          Pembeli kendaraan bermotor baru di Eropa pada umumnya
                    dikenakan bermacam-macam pajak, mulai dari pajak pertambahan
                    nilai (Value Added Tax), pajak registrasi yang dikenakan pada awal
                    pembelian kendaraan dan pajak kepemilikan. Besarnya  Value

                    Added Tax bervariasi, yaitu sekitar 17% - 27%. Pajak pertambahan
                    nilai dikecualikan untuk kendaraan dengan  zero-emission seperti
                    pada negara Norwegia dan Iceland.  Zero-emission artinya tidak
                    ada emisi yang keluar dari knalpot kendaraan. Setelah dikenakan





                                                                                           193



                                                                                11/3/2023   4:11:17 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   193
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   193              11/3/2023   4:11:17 PM
   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227   228