Page 221 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 221
dalam mengurangi trafik. Di Stockholm, congestion charge mulai
dikenalkan pada tahun 2007 dimana kendaraan yang memasuki
area padat (pricing zone) dikenakan pembayaran yang jumlahnya
bervariasi sesuai dengan waktu tertentu. London memperkenalkan
congestion charge pada tahun 2003. Dampak dari adanya congestion
charge di London dapat mengurangi GRK sebesar 16% sedangkan
untuk NOx berkurang sebesar 8% dan partikulat berkurang sebesar
6%. Taksi dan bis kota dikecualikan dari pungutan.
Negara Jerman juga memperkenalkan zona emisi rendah
(low emission zone) yang diterapkan di 57 kota dan pusat kota
dengan cara memasang stiker pada kendaraan. Kebijakan yang
digunakan adalah campuran (hybrid) antara peraturan command
and control dan kebijakan fiskal. Tujuan dari pembatasan untuk
area emisi rendah adalah untuk mengurangi emisi polutan yang
membahayakan masyarakat seperti partikulat dan NO (UNEP
2
working paper, Dec 2019). Pengendalian trafik juga dapat dilakukan
dengan kebijakan fiscal yaitu dengan cara pengendalian parkir
dengan menaikkan biaya parkir secara progressif baik yang berada
di gedung maupun parkir pada sisi jalan.
Kebijakan regulasi dengan cara membatasi jumlah
kendaraan juga digunakan oleh beberapa negara seperti di
Singapore yang dikenal sebagai COE (Certificate of Entitlement) yang
memberikan hak kepemilikan selama 10 tahun. Kota Shanghai juga
menggunakan sistem kuota untuk kendaraan bermotor (Vehicle
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
Quota System). Peraturan regulasi dengan cara membatasi baku
mutu maksimum polutan yang diizinkan dapat juga dilakukan
dengan cara memasang “catalytic converter” dan jika alat berfungsi
dengan baik, maka polutan yang keluar diharapkan memenuhi
persyaratan.
Kebijakan “Congestion charge”, VQS dan ERP tujuan khususnya
adalah untuk mengatasi kemacetan, sekalipun emisi polutan yang
keluar dari kendaraan bermotor memenuhi batas baku mutu
emisi. Jadi ketiga kebijakan tersebut dibuat untuk mengurangi
191
11/3/2023 4:11:16 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 191
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 191 11/3/2023 4:11:16 PM