Page 221 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 221

dalam  mengurangi  trafik.  Di  Stockholm,  congestion charge mulai
                    dikenalkan pada tahun 2007 dimana kendaraan yang memasuki
                    area padat (pricing zone) dikenakan pembayaran yang jumlahnya
                    bervariasi sesuai dengan waktu tertentu. London memperkenalkan
                    congestion charge pada tahun 2003. Dampak dari adanya congestion

                    charge di London dapat mengurangi GRK sebesar 16% sedangkan
                    untuk NOx berkurang sebesar 8% dan partikulat berkurang sebesar
                    6%. Taksi dan bis kota dikecualikan dari pungutan.

                          Negara Jerman juga memperkenalkan zona emisi rendah
                    (low  emission  zone)  yang  diterapkan  di  57  kota  dan  pusat  kota
                    dengan  cara  memasang  stiker  pada  kendaraan.  Kebijakan  yang
                    digunakan adalah campuran (hybrid) antara peraturan  command
                    and control  dan  kebijakan  fiskal.  Tujuan  dari  pembatasan  untuk
                    area emisi rendah adalah untuk mengurangi emisi polutan yang
                    membahayakan  masyarakat  seperti  partikulat  dan  NO (UNEP
                                                                           2
                    working paper, Dec 2019). Pengendalian trafik juga dapat dilakukan
                    dengan  kebijakan  fiscal  yaitu  dengan  cara  pengendalian  parkir
                    dengan menaikkan biaya parkir secara progressif baik yang berada
                    di gedung maupun parkir pada sisi jalan.
                          Kebijakan regulasi dengan cara membatasi jumlah
                    kendaraan  juga  digunakan  oleh  beberapa  negara  seperti  di
                    Singapore yang dikenal sebagai COE (Certificate of Entitlement) yang
                    memberikan hak kepemilikan selama 10 tahun. Kota Shanghai juga
                    menggunakan sistem kuota untuk kendaraan bermotor (Vehicle
                                                                                           IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
                    Quota System). Peraturan regulasi dengan cara membatasi baku
                    mutu maksimum polutan yang diizinkan dapat juga dilakukan
                    dengan cara memasang “catalytic converter” dan jika alat berfungsi
                    dengan baik, maka polutan yang keluar diharapkan memenuhi
                    persyaratan.

                          Kebijakan “Congestion charge”, VQS dan ERP tujuan khususnya
                    adalah untuk mengatasi kemacetan, sekalipun emisi polutan yang
                    keluar dari kendaraan bermotor memenuhi batas baku mutu
                    emisi.  Jadi  ketiga  kebijakan  tersebut  dibuat  untuk  mengurangi





                                                                                           191



                                                                                11/3/2023   4:11:16 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   191
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   191              11/3/2023   4:11:16 PM
   216   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226