Page 222 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 222

kemacetan lalu lintas. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari
         192
                 jenis kebijakan regulasi tersebut, pada dasarnya kebijakan tersebut
                 adalah membatasi jumlah perjalanan atau jumlah pergerakan
                 dari setiap kendaraan artinya mengurangi jumlah emisi yang
                 dikeluarkan, karena membakar 1 liter bensin akan menghasilkan
                 lebih kurang 2.3 kg emisi CO  dan membakar 1 liter bahan bakar B5
                                           2
                 (5% biodiesel + 95% diesel) akan mengeluarkan 2.65 kg/liter CO .
                                                                              2
                 Untuk B20 (20% biodiesel + 80% diesel) akan mengeluarkan emisi
                 CO  sebesar 2.62 kg/liter (Autosmart. Natural Resources Canada,
                    2
                 2014)
                       Selain kebijakan yang bersifat regulasi (command and
                 control), banyak negara menggunakan kebijakan ekonomi (market-
                 based) atau kebijakan fiskal untuk mengurangi emisi polutan yang
                 disebabkan  oleh  kendaraan  bermotor atau  kombinasi  antara
                 keduanya.  Kebijakan  “Congestion  charge”  sebenarnya  merupakan
                 kebijakan  fiskal  (market-based), karena masyarakat diberikan
                 pilihan-pilihan untuk mengendarai agar dapat memasuki area
                 yang padat tapi membayar atau tidak ingin memasuki area padat
                 tersebut karena tidak ingin membayar, dan hal ini berbeda dengan
                 kebijakan yang bersifat regulasi dimana masyarakat tidak memiliki
                 pilihan. Pembahasan kebijakan selanjutnya akan fokus pada
                 kebijakan yang bersifat non-regulasi.
         Pajak Karbon dan Pajak Emisi  untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
                 5.1.1  Kebijakan Registrasi dan Pajak Emisi Kendaraan


                       Di  banyak  negara  kebijakan  fiskal  selalu  digunakan  untuk
                 mengurangi emisi terutama emisi gas buang yang membahayakan
                 masyarakat. Dalam kasus sektor transportasi misalnya dengan
                 menggunakan pungutan kepadatan lalu lintas (congestion
                 charge), timbul masalah yang cukup rumit karena kendaraan
                 merupakan sumber bergerak dan polutan akan berakumulasi
                 pada titik tertentu dan pada waktu tertentu, misalnya pada area
                 pusat kegiatan bisnis dan waktu makan siang, maka polusi akan
                 terkonsentrasi  pada  area  tertentu.  Selain  itu  jumlah  kendaraan










                                                                                11/3/2023   4:11:17 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   192              11/3/2023   4:11:17 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   192
   217   218   219   220   221   222   223   224   225   226   227