Page 222 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 222
kemacetan lalu lintas. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari
192
jenis kebijakan regulasi tersebut, pada dasarnya kebijakan tersebut
adalah membatasi jumlah perjalanan atau jumlah pergerakan
dari setiap kendaraan artinya mengurangi jumlah emisi yang
dikeluarkan, karena membakar 1 liter bensin akan menghasilkan
lebih kurang 2.3 kg emisi CO dan membakar 1 liter bahan bakar B5
2
(5% biodiesel + 95% diesel) akan mengeluarkan 2.65 kg/liter CO .
2
Untuk B20 (20% biodiesel + 80% diesel) akan mengeluarkan emisi
CO sebesar 2.62 kg/liter (Autosmart. Natural Resources Canada,
2
2014)
Selain kebijakan yang bersifat regulasi (command and
control), banyak negara menggunakan kebijakan ekonomi (market-
based) atau kebijakan fiskal untuk mengurangi emisi polutan yang
disebabkan oleh kendaraan bermotor atau kombinasi antara
keduanya. Kebijakan “Congestion charge” sebenarnya merupakan
kebijakan fiskal (market-based), karena masyarakat diberikan
pilihan-pilihan untuk mengendarai agar dapat memasuki area
yang padat tapi membayar atau tidak ingin memasuki area padat
tersebut karena tidak ingin membayar, dan hal ini berbeda dengan
kebijakan yang bersifat regulasi dimana masyarakat tidak memiliki
pilihan. Pembahasan kebijakan selanjutnya akan fokus pada
kebijakan yang bersifat non-regulasi.
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
5.1.1 Kebijakan Registrasi dan Pajak Emisi Kendaraan
Di banyak negara kebijakan fiskal selalu digunakan untuk
mengurangi emisi terutama emisi gas buang yang membahayakan
masyarakat. Dalam kasus sektor transportasi misalnya dengan
menggunakan pungutan kepadatan lalu lintas (congestion
charge), timbul masalah yang cukup rumit karena kendaraan
merupakan sumber bergerak dan polutan akan berakumulasi
pada titik tertentu dan pada waktu tertentu, misalnya pada area
pusat kegiatan bisnis dan waktu makan siang, maka polusi akan
terkonsentrasi pada area tertentu. Selain itu jumlah kendaraan
11/3/2023 4:11:17 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 192 11/3/2023 4:11:17 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 192