Page 74 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 74
Trends in Science and Technology 35
for Sustainable Living
untuk dilakukan dan resiko yang ditimbulkan semakin sulit dicegah.
Oleh karena itu, data mining menjadi alat yang penting dalam
proses pengambilan keputusan karena dapat merepresentasikan
data dengan baik.
Data mining memiliki kemampuan untuk melakukan prediksi
dan peramalan yang berguna dalam pengambilan keputusan
(Haba, 2021). Hal ini yang memungkinkan organisasi untuk membuat
keputusan lebih tepat dalam merencanakan strategi jangka
panjang dan mengantisipasi perubahan pasar. Organisasi dapat
mengantisipasi perubahan dan mengambil langkah-langkah
yang tepat untuk menghadapinya dengan memahami tren pasar,
perilaku pelanggan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi
bisnis. Misalnya, organisasi dapat memprediksi penjualan di tahun
berikutnya, mengidentifikasi warna kesukaan pelanggan, preferensi
produk, atau hal yang sedang menjadi perbincangan yang dapat
digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang
efektif. Peramalan dan prediksi yang dilakukan dengan data mining
dapat mengoptimalkan rantai pasokan, manajemen persediaan,
dan keputusan produksi yang dilakukan oleh organisasi. Dengan
demikian, data mining memberikan wawasan yang berharga
bagi organisasi untuk membuat keputusan yang lebih tepat,
merencanakan strategi yang efektif, dan beradaptasi dengan
perubahan yang terjadi di pasar.
Data mining dalam pengambilan keputusan memiliki
peran dalam segmentasi pelanggan. Segmentasi pasar dilakukan
data mining dengan mengidentifikasi kelompok pelanggan yang
memiliki karakteristik serupa dan mengembangkan strategi
pemasaran yang lebih efektif. Organisasi dapat mengidentifikasi
pola, preferensi, dan perilaku yang berbeda di antara kelompok
pelanggan sehingga dapat memetakan segmentasi pelanggan.
Sebagai contoh, organisasi dapat mengidentifikasi kelompok
pelanggan yang memiliki selera dan preferensi produk yang serupa,
tingkat loyalitas yang tinggi, atau kecenderungan untuk merespon
kampanye pemasaran tertentu. Segmentasi pelanggan yang telah
diidentifikasi organisasi melalui data mining dapat dikembangkan