Page 74 - Trends in Science and Technology fo Sustainable Living
P. 74

Trends in Science and Technology   35
                                                   for Sustainable Living


                untuk dilakukan dan resiko yang ditimbulkan semakin sulit dicegah.
                Oleh karena itu,  data mining menjadi alat yang penting dalam
                proses pengambilan keputusan karena dapat merepresentasikan
                data dengan baik.
                     Data mining memiliki kemampuan untuk melakukan prediksi
                dan peramalan yang berguna dalam pengambilan  keputusan
                (Haba, 2021). Hal ini yang memungkinkan organisasi untuk membuat
                keputusan lebih tepat dalam merencanakan strategi jangka
                panjang dan mengantisipasi perubahan pasar. Organisasi dapat
                mengantisipasi perubahan dan mengambil langkah-langkah
                yang tepat untuk menghadapinya dengan memahami tren pasar,
                perilaku pelanggan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi
                bisnis. Misalnya, organisasi dapat memprediksi penjualan di tahun
                berikutnya, mengidentifikasi warna kesukaan pelanggan, preferensi
                produk, atau hal yang sedang menjadi perbincangan yang dapat
                digunakan  untuk  mengembangkan  strategi  pemasaran  yang
                efektif. Peramalan dan prediksi yang dilakukan dengan data mining
                dapat  mengoptimalkan  rantai  pasokan,  manajemen  persediaan,
                dan keputusan produksi yang dilakukan oleh organisasi. Dengan
                demikian,  data mining memberikan wawasan yang berharga
                bagi organisasi untuk membuat keputusan yang lebih tepat,
                merencanakan strategi yang efektif, dan beradaptasi dengan
                perubahan yang terjadi di pasar.
                     Data mining dalam pengambilan keputusan memiliki
                peran dalam segmentasi pelanggan. Segmentasi pasar dilakukan
                data mining  dengan  mengidentifikasi  kelompok  pelanggan  yang
                memiliki  karakteristik  serupa  dan  mengembangkan  strategi
                pemasaran  yang  lebih  efektif.  Organisasi  dapat  mengidentifikasi
                pola, preferensi, dan perilaku yang berbeda di antara kelompok
                pelanggan sehingga dapat memetakan segmentasi pelanggan.
                Sebagai  contoh,  organisasi  dapat  mengidentifikasi  kelompok
                pelanggan yang memiliki selera dan preferensi produk yang serupa,
                tingkat loyalitas yang tinggi, atau kecenderungan untuk merespon
                kampanye pemasaran tertentu. Segmentasi pelanggan yang telah
                diidentifikasi organisasi melalui data mining dapat dikembangkan
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79