Page 87 - 39 Tahun Universitas Terbuka: Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju
P. 87
86 Bagian 3
Salah satu strategi yang digunakan adalah media teknologi, di antaranya melalui
pembentukan agen perubahan di masing- website, UT Radio, dan UT TV. Selain itu,
masing unit kerja UT. Agen perubahan ini UT telah mengirimkan perwakilan pegawai
memiliki peran yang besar dalam proses untuk mengikuti pelatihan tim corporate
perubahan yang dilakukan di UT. Hal ini culture, menyusun roadmap implementasi
disebabkan agen perubahan merupakan budaya, serta mengembangkan dan
orang-orang terpilih yang menjadi melaksanakan calender of event corporate
perwakilan unit kerja dari organ organisasi culture.
UT. Mereka bertugas menjelaskan dan b. Mengintegrasikan Nilai-Nilai KIIARA
menyosialisasikan tujuan serta proses dalam Kebijakan Organisasi
perubahan yang dilakukan agar dapat
diterima dengan baik oleh seluruh Menyusun kebijakan organisasi yang
individu di dalam organisasi. Change agent secara eksplisit mencerminkan nilai-
development diharapkan mampu menjadi nilai KIIARA, seperti kualitas unggul,
jembatan dalam implementasi nilai budaya integritas, inovasi, aksesibilitas, relevansi,
organisasi. dan akuntabilitas. Kemudian memastikan
bahwa setiap kebijakan organisasi yang
Dalam rangka membentuk agen baru atau yang sudah ada sejalan dengan
perubahan budaya organisasi yang nilai-nilai tersebut.
kuat, telah dilakukan sosialisasi budaya
organisasi kepada seluruh pegawai UT c. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Jarak
secara terstruktur ataupun melalui media Jauh
outbound penguatan budaya organisasi Mengidentifikasi dan menerapkan standar
yang dilakukan oleh masing-masing unit kualitas yang tinggi dalam semua aspek
kerja, baik di UT pusat maupun UT daerah. kegiatan akademik pendidikan jarak jauh,
Sosialisasi dilakukan secara langsung termasuk kurikulum, materi pembelajaran,
ataupun dengan menggunakan berbagai dan penilaian. Selanjutnya, menerapkan