Page 8 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 8
PENDIDIKAN IPS KONSTRUKTIVISTIK DAN TRANSFORMATIF
DAFTAR ISI vii
Kata Pengantar Rektor iii
Pengantar v
Daftar Isi vii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Pendidikan Ideal 2
B. De-ideologisasi Pendidikan IPS 3
C. Dilema Paradigma Pendidikan IPS 4
BAB II ESENSIALISME PARADIGMA LAMA PENDIDIKAN
IPS 7
A. Definisi sebagai Paradigma 8
B. Orientasi Pengembangan 9
BAB III KONSTRUKTIVISME : PARADIGMA BARU 11
PENDIDIKAN IPS
A. Tiga Aliran Konstruktivisme 12
B. Konstruktivisme Integratif: Sebuah Model 14
BAB IV DINAMIKA SOSIOHISTORIS-EPISTEMOLOGIS 19
A. Periode I: CSS sd Awal 1930an 20
B. Periode II: 1930an sd 1970an 25
C. Periode III: Medio 1970an sd Awal 1980an 34
D. Periode IV: Medio 1980an Sampai Sekarang 37
BAB V STANDAR KOMPETENSI PENDIDIKAN IPS 43
A. Dinamika Historis-Epistemologis 44
B. Kompetensi Pendidikan IPS 46
1. Kompetensi Personal 46
2. Kompetensi Sosial 59
3. Kompetensi Intelektual 75
BAB V POLA PENGORGANISASIAN KONTEN
PENDIDIKAN IPS 93
A. Konten PIPS sebagai Organisasi Sistemik 94
B. Prinsip Pengorganisasian Konten Pendidikan IPS 96
C. Tematik: Model Pengorganisasi Konten Pendidikan
IPS 97