Page 4 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 4

PENDIDIKAN IPS KONSTRUKTIVISTIK DAN TRANSFORMATIF
         KATA PENGANTAR REKTOR                                          iii


              Dosen Universitas  Terbuka, terutama Guru Besar (Profesor)
         memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang melekat pada Tridarma
         Perguruan Tinggi, serta kewajiban khusus untuk menulis buku, publikasi
         karya ilmiah, dan diseminasi gagasan dalam berbagai forum ilmiah dan
         profesi. Keberadaan Profesor di PT, termasuk di Universitas  Terbuka
         sangat penting sebagai the guardian of academic and scientific values;
         sebagai parameter untuk menentukan kualitas dan tingkat kebersaingan
         (competitiveness) UT sebagai perguruan tinggi secara nasional maupun
         internasional.
              Selain itu, Profesor UT merupakan garda terdepan dalam menjaga
         kewibawaan akademik, melalui keahlian dan kepakaran dalam bidangnya
         masing-masing. Keahlian dan kepakaran para Profesor UT tersebut perlu
         diwujudkan melalui publikasi karya ilmiah. Salah satunya diwujudkan
         dalam bentuk buku yang berisi pembahasan secara mendalam tentang
         suatu ilmu atau cabang ilmu, berkait dengan permasalahan lampau dan
         terkini sesuai dengan spesialisasi bidang keilmuan Profesor.
              Bagi seorang Profesor, buku merupakan salah satu bentuk
         perwujudan kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan,
         di mana mereka dapat menyatakan kepakaran keilmuannya secara
         terbuka dan bertanggung jawab mengenai sesuatu yang berkenaan
         dengan rumpun ilmu dan cabang ilmunya. Melalui buku itu pula
         seorang Profesor diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
         untuk kepentingan nasional, memimpin kelompok akademisi untuk
         memecahkan masalah nasional dan berperan di tingkat internasional.
              Buku  berjudul “Pendidikan IPS Konstruktivistik dan Transformatif”
         ini  ditulis  oleh  salah  seorang  Profesor  FKIP-UT,  yang  membahas
         dan mendiskusikan evolusi Pendidikan IPS sejak awal pada jenjang
         pendidikan dasar (SD dan SMP). Melalui buku ini Penulis menawarkan
         sebuah pemikiran Pendidikan IPS yang dikembangkan berdasarkan
         perspektif pemikiran yang konstruktivistik dan transformatif, yang
         diprediksi  akan  menjadi  paradigma  mainstream  pengembangan
         Pendidikan IPS di abad ke-21.
              Buku ini sangat menarik, dan karenanya, Saya berharap buku ini
         dapat memicu dan memacu para dosen di lingkungan UT untuk mengkaji
         lebih jauh pengembangan pemikiran dan praktik Pendidikan IPS pada
         jenjang pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks Pendidikan Tinggi
         Jarak Jauh.
   1   2   3   4   5   6   7   8   9