Page 6 - Pendidikan IPS : Konstruktivistik da Transformatif
P. 6

PENDIDIKAN IPS KONSTRUKTIVISTIK DAN TRANSFORMATIF
         PENGANTAR                                                      v


              Apabila dikategorisasikan, masalah yang dihadapi di dalam
         Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) mencakup 5 (lima) aspek,
         yaitu (1) landasan (filosofis, psikologis, sosiologis, dan politis) kurikulum;
         (2) isi (lingkup dan sekuensi) kurikulum; (3) pembelajaran (pendekatan,
         metode, proses) terhadap isi atau muatan kurikulum, termasuk pola
         penataan lingkungan pembelajaran; dan (4) tujuan atau hasil belajar
         kurikulum; dan (5) evaluasi proses dan hasil belajar kurikulum. Jika dikaji
         dari dimensinya, mencakup dimensi: (1) ide, gagasan, atau konsepsi; (2)
         dokumen; (3) kegiatan atau proses; dan (4) hasil.
              Buku ini akan membahas dan mendiskusikan evolusi PIPS sejak
         awal yang berlaku pada jenjang Pendidikan dasar (SD dan SMP),
         dan menawarkan sebuah pemikiran PIPS yang konstruktivistik dan
         transformatif terkait dengan kelima aspek tersebut di atas. Sebuah
         pemikiran  yang  diprediksi  akan  menjadi  paradigma  mainstream  di
         abad 21.
              Pemikiran PIPS yang konstruktivistik dan transformatif dalam buku
         ini akan difokuskan pada 3 (tiga) aspek, yaitu:
              Pertama, standar kompetensi PIPS, dimaksudkan sebagai
         kemampuan-kemampuan dasar PIPS yang harus dimiliki dan
         dikembangkan pada diri siswa agar mampu membangun sendiri
         struktur pengetahuan, nilai, sikap, dan tindakannya secara mandiri.
              Kedua, pola pengorganisasian konten PIPS, dimaksudkan
         sebagai cara atau pendekatan yang digunakan untuk menyusun dan
         mengembangkan  pengalaman-pengalaman  belajar  PIPS  yang  dapat
         mengkontribusi cara dan pendekatan siswa di dalam mengorganisasi
         dan membangun struktur pengetahuan, nilai, sikap, dan tindakannya
         dalam latar kehidupan pribadi, sosial, dan budaya secara mandiri.
              Ketiga, struktur konten kurikulum PIPS dimaksudkan sebagai
         susunan dan keterkaitan antar pengalaman-pengalaman belajar
         PIPS, yang dipandang dapat memfasilitasi siswa secara mandiri dalam
         membangun struktur pengetahuan, nilai, sikap, dan tindakannya dalam
         latar kehidupan pribadi, sosial, dan budaya.
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11