Page 64 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 64
Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital
1. Seorang fasilitator yang akan mengiklankan, merekrut, dan memilih
organisasi masyarakat untuk berpartisipasi; Menyediakan dan
mendukung tim staf; dan mendorong partisipasi antar dan intra‐
masyarakat
2. Organisasi masyarakat tuan rumah yang memiliki hubungan baik
dengan masyarakat sasaran
3. Tugas yang berarti, terbatas waktu dan mudah dikelola. Ini bisa menjadi
salah satu atau semua lingkaran dalam diagram model, yang
menghubungkan komunitas dan lembaga dalam hubungan kerja yang
adil
4. Pelatihan anggota organisasi masyarakat sebagai koordinator proyek 48
5. Project support worker yang memberikan dukungan kepada
masyarakat, seperti yang diarahkan oleh fasilitator
6. Dukungan dana untuk kegiatan proyek dan personil
7. Kelompok pengarah yang harus menyertakan perencana dan penyedia
layanan/program setempat
Dalam konteks pengelolaan program partisipasi masyarakat, model
yang mencakup kedua dimensi; dimensi personal dan dimensi komunitas
diarahkan kepada perubahan sikap individu dan kelompok dari internal
mereka sendiri. Karena perubahan yang didorong dari internal diri dan
organisasi akan memberikan efek yang berjangka panjang.
Dari uraian tersebut maka dapat digambarkan model pengelolaan
partisipasi berbasis perilaku tersebut sebagai berikut: