Page 63 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 63

47
                                        Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital

                                   Schultz  &  Schultz  (1994)  mendefinisikan  self‐efficacy  sebagai  perasaan
                                   terhadap  kecukupan,  efisiensi,  dan  kemampuan  diri  dalam  mengatasi
                                   kehidupan. Baron dan Byrne (1994) mengemukakan   bahwa   self‐efficacy
                                   merupakan   penilaian   individu terhadap kemampuan atau kompetensinya
                                   untuk  melakukan  suatu  tugas,  mencapai  suatu  tujuan,  dan  menghasilkan
                                   sesuatu. Menurut Bandura (1997), proses psikologis dalam self‐efficacy yang
                                   turut  berperan  dalam  diri  manusia ada empat,  yakni  proses kognitif,
                                   motivasional,  afeksi,  dan  proses  pemilihan/seleksi.  Keempat  proses  inilah
                                   yang  kemudian  perlu  diakomodasi  dalam  desain  program  yang  berbasis
                                   partisipasi masyarakat.
                                      Pada  dimensi  komunitas,  pendekatan  community  engagement adalah
                                   serangkaian  langkah  untuk  melibatkan  masyarakat  secara  aktif  dalam
                                   menangani  masalah  (Swainston  &  Summerbell,  2008),Seperti  membentuk
                                   koalisi, atau memfasilitasi lokakarya masyarakat. Terdapat tiga jenis utama
                                   prakarsa  keterlibatan  masyarakat,  dengan  beberapa  inisiatif  yang  saling
                                   tumpang  tindih  antara  kategori  (Attree  et  al,  2011):  (1)  Inisiatif  berbasis
                                   wilayah  yang  menargetkan  disparitas  sosial  dan  ekonomi,  (2)  Inisiatif
                                   berbasis orang yang bertujuan untuk melibatkan populasi terpinggirkan, dan
                                   (3)  Inisiatif  berbasis  koalisi  yang  bertujuan  memanfaatkan  kekuatan  dari
                                   kelompok  kepentingan.  Tipologi  inisiatif  ini  akan  muncul  secara  berbeda
                                   pada jenis‐jenis program partisipasi yang di desain dengan karakteristik dan
                                   tujuannya  masing‐masing.  Inisiatif  tersebut  nantinya  berkisar  pada  tingkat
                                   keterlibatan,  konsultasi,  hingga  wewenang  yang  didelegasikan  dalam
                                   perencanaan dan perancangan, untuk menjalankantata kelola bersama atau
                                   kerja sama.
                                      Pusat  Study  Etnis  &  Kesehatan  di  Inggris,  sekarang  dikenal  sebagai
                                   International  School  for  Communities,  Rights,  and  Inclusion  (ISCRI),
                                   mengembangkan  model  keterlibatan  masyarakat  dari  pekerjaan  mereka
                                   dengan  komunitas  etnis  kulit  hitam  dan  minoritas.  Tujuan  dari  model  ini
                                   adalah untuk menciptakan lingkungan yang adil di mana individu, organisasi,
                                   dan lembaga dapat bekerja sama untuk menangani masalah yang menjadi
                                   perhatian bersama. Model ini telah digunakan oleh Center for Ethnicity and
                                   Health di lebih dari 170 proyek, dengan tingkat keberhasilan yang beragam
                                   (Fountain et al, 2007).
                                      Dalam aspek community engagement pada desain program partisipasi,
                                   terdapat beberapa poin utama untuk memastikan keberhasilan penerapan
                                   model, yaitu:
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68