Page 174 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 174
Bagian III: Media Sosiial dan Multiliiterasi di Era Digital
Ragu‐ragu Tiddak peduli
0%
0%
Percayaa
20%
P Penasaran
80%
1588
BBerita ini menddapatkan resppon yang berbbeda dari beritta sebelumnyaa.
Judul berita ini mampu membuaat ketertarikan mahasiswa untuk membaca
dan menganalisisnyya lebih lanjuut. Ketika mahhasiswa membaca judulnyaa,
sebannyak 16 mahaasiswa langsung mempercaayai berita tersebut sebagaai
kebennaran. Sisanya adalah 48 mahasiswa yang mmasih ingin meeneliti berita inni
lebih lanjut. Untuk mahasiswa yang ragu‐raagu dan tidakk peduli, tidak
ditemmukan dalam juudul ini. Artinyya mahasiswa yang merasa ingin tahu akan
menggkaji kebenaran berita ini, dan mengaitkan dengan summber berita lain
untukk memeriksa keebenarannya.
MMahasiswa yang mempercaayai berita ini sebagai kebbenaran, dapaat
dikataakan sebagai kkelompok yangg mudah memppercayai suatuu berita sebatas
judul,, tanpa membbaca isinya. Keepada mereka yang mempercayai, penelitti
kemuudian memberrikan saran untuk lebih krritis dalam menyikapi suatu
beritaa. Jika merekaa menjadikan suatu judul ssebagai acuann utama tanpa
membaca isinya, mmaka tahapann berpikir mereka belum ssampai kepada
tahapp berpikir kriitis dan logiss. Karena seoorang akademmisi tidak bisa
menjaadikan suatu juudul sebagai acuan kebenaraan.
SSetelah merekka membaca judul, peneliiti melihat reespon merekaa,
kemuudian peneliti menyajikan isi berita sepennuhnya. Sama halnya dengan