Page 157 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 157

TV pendidikan harus bersifat kreatif dalam merancang dan
        memproduksi bcragam program yang akan disiarkan.  Masyarakat
        berpandangan bahwa medium TV adalah medium hiburan.  Produser
       program siaran TV pendidikan harus dapat mcngintegrasikan
       bcnnacam unsur hiburan (entertainment) untuk meningkatkan daya
       tarik program.  Pengintegrasian unsur hiburan kc dalam program
        siaran TV pcndidikan akan menghasilkan program edutainment,
       yai tu program TV yang mcndidik sekaligus mcnghibur.
             Miarso (2004) memberikan lima pcdoman yang perlu
        diperhatikan oleh produser dalam merancang dan mcmproduksi
       program siaran TV pendidikan schingga dapat dcngan cfcktif
        diterima oleh khalayak sebagai berikut.
        •   Program perlu disesuaikan dcngan kebutuhan pcngetahuan dan
           sasaran.
        •   lsi program harus mcmiliki nilai pendidikan yang dianut
           masyarakat.
        •   Program siaran harus dirancang sesuai dcngan aspirasi yang ada
           di masyarakat.
        •   Program sebaiknya dibuat secara berkcsinambungan.
        •   Tujuan program harus jclas dan spesifik.

        Keterbatasan Siaran TV
             Selain memiliki sejumlah potcnsi, siaran TV juga mcmiliki
        kctcrbatasan.  Siaran TV scringkali dimanfaatkan scbagai sarana
       untuk mclakukan one way communication.  Artinya, pemirsa hanya
        bcrsikap pasif dan tidak dapat mcmpcroleh umpan balik sccara
        langsung tcrhadap informasi dan pcngctahuan yang ditayangkan.
        Pcmanfaatan siaran TV dcngan sistem one way communication
        mcrupakan ketcrbatasan yang perlu dipcrhatikan dalam merancang
        tayangan siaran TV pendidikan.  Bates ( 1984: 30) mcngemukakan
        kclemahan siaran TV yang bcrsifat searah sebagai "  ...  broadcasts are
        ephemeral,  can not be reviewed,  are zmninterruptable,  and are
       presented at the same pace for all students."
             Tayangan program mclalui TV biasanya dilakukan dalam
        kecepatan pcnyajian yang sama (fixed rate).  Siswa atau pemirsa



                                                                  143
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162