Page 157 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 157
TV pendidikan harus bersifat kreatif dalam merancang dan
memproduksi bcragam program yang akan disiarkan. Masyarakat
berpandangan bahwa medium TV adalah medium hiburan. Produser
program siaran TV pendidikan harus dapat mcngintegrasikan
bcnnacam unsur hiburan (entertainment) untuk meningkatkan daya
tarik program. Pengintegrasian unsur hiburan kc dalam program
siaran TV pcndidikan akan menghasilkan program edutainment,
yai tu program TV yang mcndidik sekaligus mcnghibur.
Miarso (2004) memberikan lima pcdoman yang perlu
diperhatikan oleh produser dalam merancang dan mcmproduksi
program siaran TV pendidikan schingga dapat dcngan cfcktif
diterima oleh khalayak sebagai berikut.
• Program perlu disesuaikan dcngan kebutuhan pcngetahuan dan
sasaran.
• lsi program harus mcmiliki nilai pendidikan yang dianut
masyarakat.
• Program siaran harus dirancang sesuai dcngan aspirasi yang ada
di masyarakat.
• Program sebaiknya dibuat secara berkcsinambungan.
• Tujuan program harus jclas dan spesifik.
Keterbatasan Siaran TV
Selain memiliki sejumlah potcnsi, siaran TV juga mcmiliki
kctcrbatasan. Siaran TV scringkali dimanfaatkan scbagai sarana
untuk mclakukan one way communication. Artinya, pemirsa hanya
bcrsikap pasif dan tidak dapat mcmpcroleh umpan balik sccara
langsung tcrhadap informasi dan pcngctahuan yang ditayangkan.
Pcmanfaatan siaran TV dcngan sistem one way communication
mcrupakan ketcrbatasan yang perlu dipcrhatikan dalam merancang
tayangan siaran TV pendidikan. Bates ( 1984: 30) mcngemukakan
kclemahan siaran TV yang bcrsifat searah sebagai " ... broadcasts are
ephemeral, can not be reviewed, are zmninterruptable, and are
presented at the same pace for all students."
Tayangan program mclalui TV biasanya dilakukan dalam
kecepatan pcnyajian yang sama (fixed rate). Siswa atau pemirsa
143