Page 156 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 156
mcngkomunikasikan beragam infom1asi. Disamping itu, medium ini
dapat digunakan untuk mendorong munculnya inspirasi yang pada
akhimya dapat memotivasi terjadinya tindakan yang positif.
Program TV dapat dirancang semaksimal mungkin untuk
mengajarkan aspck kognitif, dcngan potensi yang dimiliki sepert
paduan gambar, gerak, dan suara, TV, mampu mengkomunikasikan
informasi dan pengetahuan secara riil dalam urutan pcnyajian yang
sistematis. Program TV mampu menayangkan objek riil dan
peristiwa aktual melalui gabungan antara unsur gambar dan unsur
suara. Sebagai contoh, proses kimia, proses perubahan fisika, dan
proses daur kchidupan dalam mata pelajaran biologi dapat
diperlihatkan sccm·a nyata melalui medium TV. Perubahan fisika
dan bcrlangsungnya daur biologis dalam gerak dan wama akan
menarik perhatian pemirsa dan membantu mcreka memahami
fcnomena alam yang ditayangkan.
Dalam program tertcntu, medium TV mampu
mcngkomunikasikan pesan dan pcngetahuan afektif sccara cfcktif.
Tayangan scni atau drama melalui program TV dapat mcnggugah
penghayatan (apresiasi) pemirsa terhadap suatu bcntuk scni dan
kebudayaan. Dengan potensi yang dimiliki, medium TV juga
mampu mcnayangkan pcsan-pcsan pcndidikan yang bcrsifat
universal.
Medium TV sangat cfektif untuk menayangkan pcngetahuan
tcntang berlangsungnya suatu gerakan motorik. Dalam mata
pelajaran yang mcnekankan gerakan scbagai unsur utama, scperti
dalam pcndidikan olah raga dan kctcrampilan, pcmirsa dapat
mcmpelajari beragam gerakan yang harus dikuasai mclalui medium
TV. Pemirsa akan mudah mclakukan obscrvasi dan mcmpelajari
bcragam gerakan tertentu yang ingin dipelajari melalui fasilitas s!mt'
motion yang tcrdapat pada medium ini.
Dcngan potensinya yang sangat besar dalam menayangkan
gambar, suara, lambang, tulisan, dan gcrakan sccm·a bcrsama,
medium TV dapat didcsain scdcmikian rupa schingga mampu
menampilkan bcrmacam pesan pendidikan atau educational
messages yang efektif kepada khalayak. Produscr program siaran
142