Page 155 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 155

KARAKTERISTIK MEDIUM TV

             Medium TV tergolong sebagai medium pandang-dengar
        (audio-visual).  Medium ini mampu menyajikan beragam infom1asi
        dan ilmu pengetahuan dalam bentuk tayangan kombinasi antara
        gambar dan suara.  Karakteristik ini sekaligus merupakan
        keunggulan medium TV.  Medium TV dianggap sebagai kotak ajaib
        - magic box- yang mampu memaku penonton untuk menerima
        berbagai pesan dan infom1asi yang ditayangkan, baik yang bersifat
        lokal maupun global.
              Sesuai dengan asal katanya "tele" Uauh) dan "visi" (lihat),
        mampu melihat jarakjauh, medium ini mampu mengatasi hambatan
        ruang/jarak.  Artinya, dalam berkomunikasi mclalui siaran TV,
        pemirsa (audience) akan dapat menerima informasi pada waktu yang
        bersamaan dari orang atau objek yang berada pada lokasi yang
        berbeda. Medium TV, sama seperti halnya medium surat kabar dan
        radio, dapat digolongkan sebagai mass medium.  Hal ini disebabkan
        medium ini mampu menjangkau sejumlah besar pemirsa dalam
        jumlah besar yang bcrada dalam wilayah gcografis yang luas.
        Namun, berbeda dengan surat  kabar dan media massa lain, medium
        TV dapat menyajikan motion pictures yang dapat menggugah
        perasaan dan mempercepat tetjadinya pemahaman pemirsa terhadap
        informasi dan pengetahuan yang ditayangkan.

        PEMANFAATAN MEDIUM TV
        Keunggulan Siaran TV
              Dalam aktivitas pendidikan dan pengajaran ada tiga aspek
        penting yang harus dicapai, yaitu aspek kognitif (pengetahuan);
        aspek afektif (perasaan dan penghayatan); dan aspck psikomotor
        (gerakan).  Medium TV dapat dirancang dan dit,'1makan secara
        maksimum untuk mengkomunikasikan pesan dan informasi yang
        berada dalam lingkup ketiga aspek tersebut. Sebagai sebuah mass
        medium, TV mempunyai tiga fungsi pokok yaitu memberi infonnasi,
        memasyarakatkan gagasan, dan memotivasi pemirsa untuk
        melakukan suatu tindakan.  Televisi telah terbukti mampu




                                                                  141
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160