Page 140 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 140
pcndidikan dasar. Kondisi ini pada akhirnya dikhawatirkan akan
bcrpcngaruh pada penyiapan sumberdaya manusia yang akan
mampu menjawab tantangan masa depan secara nasional.
Untuk menanggulangi hal tcrsebut, pemerintah telah
mclakukan bcrbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pcndidikan
dasar, salah satunya ialah dcngan mcningkatkan profcsionalismc dan
kualitas pendidikan guru. Salah satu upaya pemerintah untuk
mcningkatkan kualitas pcndidikan adalah dikcluarkannya Kcputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor
0854/0/1989 tcntang Pcngadaan dan Pcnyctaraan Guru Sckolah
Dasar (PGSD) yang mcnctapkan bahwa kualifikasi guru harus
ditingkatkan menjadi setara Diploma II (0-II) schingga guru SO
akan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk menyiapkan
sumberdaya manusia yang mampu menjawab tantangan zaman.
Namun mengingat bcsarnyajumlah guru SD dan adanya
kctcrbatasan pembiayaan oleh pemcrintah, Program Penyetaraan O-
Il Guru SD mengalami berbagai kendala, antara lain terlalu
sedikitnya jumlah guru yang terlayani oleh Program terse but setiap
tahunnya. Akibatnya guru yang bclum memiliki kescmpatan untuk
mcngikuti Program Penyetaraan 0-II terpaksa menunggu sangat
lama untuk mcndapat beasiswa dan menjadi mahasiswa Program
Pcnyetaraan D-II. Sementara itu pemccahan lain dcngan
mcmberikan kesempatan mcmbiayai diri sendiri (swadana) tidak
mampu mcngatasi masalah ini karcna ketidakmampuan guru dalam
bidang ekonomi.
Tcntu saja para guru yang dalam posisi sedemikian itu tidak
dapat dibiarkan begitu saja sehingga kepada mereka perlu dilakukan
upaya berupa diklat untuk meningkatkan pcngctahuan dan
profesionalisme. Diklat diadakan agar guru tidak tcrlalu tertinggal
olch teman scjawatnya yang lcbih awal mcmiliki kesempatan
meningkatkan kualifikasi pcndidikan melalui Program Penyetaraan
D-II. Namun mengingat kondisi geografis negara kita, sulit
mcnyclenggarakan sistcm diklat konvensional, dipcrlukan suatu
sistcm diklat yang mampu menjangkau guru di seluruh pelosok
t-anah air.
126