Page 136 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 136
8. Evaluasi
Untuk mcmperoleh informasi berkenaan dengan efektivitas
dan efisicnsi pcncapaian tujuan, kelayakan, dan akseptibilitas, baik
dari aspck program yang disajikan maupun sistem pembclajaran
secara mcnyeluruh, dilaksanakan kegiatan evaluasi fonnatif atau
summatif secara bcrkala. Kegiatan ini dilaksanakan oleh suatu tim
cvaluasi yang dikoordinasikan oleh Pustekkom bekerjasama
dengan perguruan tinggi. Di samping itu, telah dilakukanjuga
studi kasus (case study) oleh James P. Papay dkk. pada tahun
1982. Laporan evaluasi diharapkan dapat dipakai scbagai salah
satu dasar pcrbaikan atau pcningkatan cfcktivitas dan cfisicnsi
program SRP dan untuk pedoman dalam mcnentukan kcbijakan di
masa datang.
PENUTUP
Selama pcnyelcnggaraan SRP, ada bcbcrapa hambatan yang
dialami yaitu distribusi BP kadang kala mengalami ketcrlambatan
sampai di tujuan, tcrutama di dacrah terpcncil. Untuk itu tclah
diusahakan pencctakan lebih awal. Pada tahun 1984/1985,
pengiriman BP yang selama ini dilaksanakan oleh perusahaan
ekspedisi swasta dihentikan dan diganti dengan menggunakanjasa
pos. Hambatan lain penggunaan radio sebagai media satu arab
membatasi proses intcraksi.
Untuk mengatasi masalah tersebut, telah dilakukan pcmbinaan
scpcrti supcrvisi dan monitoring. Faktor cuaca yang scring mcnjadi
keluhan dalam mendengarkan siaran, diatasi dengan meningkatkan
mutu pesawat radio yang menggunakan band SW dan MW sesuai
dcngan pcmbangunan stasiun pemancar RRI. Disamping itu, upaya
Tclkom untuk mcningkatkan mutu dan pcmerataan mutu pendidikan
dasar yang awalnya hanya dilakukan dengan mcnggunakan media
radio ditunjang media kaset dan film bingkai ditingkatkan dengan
video. Pada awal PELIT A IV dilaksanakan uji coba program
pcnataran mclalui Video Pcndidikan yang ditujukan untuk
meningkatkan mutu guru SD dalam proses bclajar mcngajar dalam
bidang pclajaran tc11entu.
122