Page 139 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 139
DIKLAT GURU SEKOLAH DASAR MELALUI
SIARAN RADIO PENDIDIKAN
Hardjito
Globalisasi menjadikan dunia suatu kcsatuan yang tidak lagi
mengcnal batas ncgara dan tcritori. Akibat adanya rcvolusi
informasi, pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pada hakikatnya
merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia
mcrupakan suatu hal yang mutlak dilakukan oleh setiap ncgara untuk
mcnghadapi tantangan masa depan. Era globalisasi, yang tidak lagi
mampu memberikan pcrlindungan kcpada scmuajenjang dan sektor
pekerjaan dari serbuan pencari kcrja dari ncgara-ncgara lain,
menuntut tcrscdianya sumberdaya manusia Indonesia yang
berkemampuan tinggi, handal, luwes, berkepribadian, mclck
teknologi, dan yang mcmiliki daya saing tinggi.
Oleh karena itu kebijakan pendidikan nasional diarahkan
untuk mcnyiapkan sumberdaya manusia yang mampu menghadapi
tantangan masa depan secara efektif dan efisien dcngan
mcmanfaatkan kcmajuan tcknologi, tcrmasuk tcknologi informasi
dan komunikasi. Agar mencapai hasil yang optimal, pengcmbangan
sumberdaya manusia di Indonesia harus dipersiapkan scjak dini,
yaitu mulai dari j enjang pendidikan dasar.
Scmentara itu fakta menunjukkan bahwa masalah guru
Sekolah Oasar (SO) masih belum terpecahkan. Pcnycbaran guru
yang tidak merata yang mcngakibatkan mcnumpuknya guru di suatu
daerah dan terjadinya kekurangan guru di daerah lain, tcrutama di
daerah pedalaman dan dacrah terpencil, banyaknya guru yang
kurang layak bcrkenaan dengan latar belakang pendidikannya, serta
tidak mcratanya kcsempatan mempcroleh pendidikan untuk
meningkatkan profcsionalisme maupun kualifikasi guru, masih perlu
dipikirkan pemecahannya.
Berbagai masalah tcrsebut mcnycbabkan rcndahnya mutu guru
SO yang pada gilirannya akan berakibat pada rendahnya mutu
125