Page 139 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
P. 139

DIKLAT GURU  SEKOLAH DASAR MELALUI
                      SIARAN RADIO PENDIDIKAN

                                   Hardjito



             Globalisasi menjadikan dunia suatu kcsatuan yang tidak lagi
        mengcnal batas ncgara dan tcritori.  Akibat adanya rcvolusi
        informasi, pendidikan dan pelatihan (diklat) yang pada hakikatnya
        merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia
        mcrupakan suatu hal yang mutlak dilakukan oleh setiap ncgara untuk
        mcnghadapi tantangan masa depan.  Era globalisasi, yang tidak lagi
        mampu memberikan pcrlindungan kcpada scmuajenjang dan sektor
        pekerjaan dari serbuan pencari kcrja dari ncgara-ncgara lain,
        menuntut tcrscdianya sumberdaya manusia Indonesia yang
        berkemampuan tinggi, handal, luwes, berkepribadian, mclck
        teknologi, dan yang mcmiliki daya saing tinggi.
             Oleh karena itu kebijakan pendidikan nasional diarahkan
        untuk mcnyiapkan sumberdaya manusia yang mampu menghadapi
        tantangan masa depan secara efektif dan efisien dcngan
        mcmanfaatkan kcmajuan tcknologi, tcrmasuk tcknologi informasi
        dan komunikasi.  Agar mencapai hasil yang optimal, pengcmbangan
        sumberdaya manusia di  Indonesia harus dipersiapkan scjak dini,
        yaitu mulai dari j enjang pendidikan dasar.
             Scmentara itu fakta menunjukkan bahwa masalah guru
        Sekolah Oasar (SO) masih belum terpecahkan.  Pcnycbaran guru
        yang tidak merata yang mcngakibatkan mcnumpuknya guru di suatu
        daerah dan terjadinya kekurangan guru di daerah lain, tcrutama di
        daerah pedalaman dan dacrah terpencil, banyaknya guru yang
        kurang layak bcrkenaan dengan latar belakang pendidikannya, serta
        tidak mcratanya kcsempatan mempcroleh pendidikan untuk
        meningkatkan profcsionalisme maupun kualifikasi guru, masih perlu
        dipikirkan pemecahannya.
             Berbagai masalah tcrsebut mcnycbabkan rcndahnya mutu guru
        SO yang pada gilirannya akan berakibat pada rendahnya mutu



                                                                  125
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144